Hati-hati! Mudik Pakai Travel Gelap Bisa Kena Sanksi Tilang hingga Sita Kendaraan

- Jumat, 30 April 2021 | 15:53 WIB
Sejumlah petugas tengah memeriksa identitas pengendara yang diindikasi pemudik yang curi start, Senin 26 April 2021. (AyoSemarang.com/Lilisnawati)
Sejumlah petugas tengah memeriksa identitas pengendara yang diindikasi pemudik yang curi start, Senin 26 April 2021. (AyoSemarang.com/Lilisnawati)

MARGADANA, AYOSEMARANG.COM -- Keberadaan travel gelap di masa larangan mudik Idulfitri 2021 menjadi perhatian khusus petugas kepolisian di Kota Tegal.

Pasalnya, travel gelap banyak digunakan perantau yang ngeyel pulang ke kampung halaman meski ada larangan mudik.

Di Kota Tegal sendiri, jajaran Satlantas Polres Tegal Kota sudah mengantisipasi adanya travel gelap melalui pengetatan pemudik di Terminal Tegal.

AYO BACA : Muncul Klaster di Sekolah Berbasis Pesantren di Kota Tegal, 13 Orang Positif Covid-19

Jadi untuk antisipasi travel gelap, kita sudah mengadakan pengetatan mudik mulai 22 April sampai 5 Mei 2021 di Pos Terminal Tegal. Kita bisa tahu kendaraan yang diindikasikan sebagai travel gelap, kata KBO Satlantas Polres Tegal Kota, Iptu Purnomo, Jumat 30 April 2021.

Menurutnya, hal itu bisa diketahui melalui pemeriksaan identitas pengendara maupun penumpangnya. Sebab, travel resmi pasti mempunyai dokumen izin usaha, trayeknya jelas dan berplat kuning.

Kalau ditemukan identitasnya itu berbeda-beda, maka patut diduga. Ketika mereka beralasan ini penumpangnya pekerja, kita juga akan minta surat perjalanan dinas tersebut, tuturnya.

AYO BACA : Lewat Jogo Tonggo, Pemudik Masuk Tegal Wajib Lapor RT/RW dan Swab Antigen

Ia menegaskan, travel gelap yang masih nekat beroperasi bisa dikenakan sanksi tilang dan penahanan kendaraan. Sanksi juga akan diberikan kepada para penunpangnya.

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Terkini

WADUH, Angka Perceraian di Batang Capai 4.119 Kasus

Selasa, 28 September 2021 | 17:45 WIB
X