Antisipasi Peretasan Hacker, Diskominfo Batang, Badan Siber dan Sandi Negara Bentuk Tim CSIRT

- Rabu, 9 Juni 2021 | 17:11 WIB
Kepala Diskominfo Batang Triossy Juniarto menerima Asistensi dari Sub Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah Daerah Wilayah II, BSSN. (dok)
Kepala Diskominfo Batang Triossy Juniarto menerima Asistensi dari Sub Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah Daerah Wilayah II, BSSN. (dok)

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, tidak bisa dipungkiri juga ada peningkatan dan kemajuan kejahatan siber oleh oknum yang memanfaatkan teknologi informasi.

Sebagai langkah antisipasi hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang mendapat asistensi dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Kepala Sub Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah Daerah Wilayah II, BSSN Agustinus Toad mengatakan, saat ini pemerintah sering mendapat serangan siber dan belum siap menanggulangi seluruhnya.

AYO BACA : Fakta-fakta BTS Meal McDonalds yang Hebohkan Indonesia

"Oleh karena itu, kita bentuk tim penanggulangan dan pemulihan insiden siber atau tim tanggap darurat komputer, Computer Security Incident Response Team (CSIRT)," kata Agustinus Toad saat melakukan Asistensi di Ruang Analitik Diskominfo, Kabupaten Batang, Rabu 9 Juni 2021. 

Ia pun mengatakan, untuk penanganan serangan siber di wilayah provinsi, kabupaten/kota bisa teratasi, harus ada koordinasi dan kerjsama melakukan monitoring, analisa, melihat sesuatu yang terjadi.

“Aktivitas dari hacker nanti kami pantau sedini mungkin sebelum merambah ke jaringan untuk mengambil dan mencuri data, tim CSIRT sudah antisipasi,” jelasnya.

AYO BACA : Sambangi Kantor PWI Batang, Bawaslu Minta Jurnalis Jadi Pengawas Partisipatif

Agustinus Toad juga menyatakan kesiapan SDM tim CSIRT yang memiliki kualifikasi untuk melihat infrastruktur jaringannya serta menyampikan kebutuhan apa yang harus dilengkapi. 

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Promosikan Kopi, Pemkab Temanggung Siapkan Ngopi Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 21:32 WIB

Sragen Kirim 2 Atlet untuk Berlaga di PON XX Papua

Jumat, 17 September 2021 | 15:15 WIB
X