Amankan 3 Pelaku, Bea Cukai Surakarta Ungkap Jaringan Pembuat Miras Impor Palsu

- Kamis, 8 Juli 2021 | 08:59 WIB
Petugas Bea Cukai Surakarta mengamankan barang bukti miras impor palsu dari tangan 3 pelaku. (dok Bea Cukai Surakarta)
Petugas Bea Cukai Surakarta mengamankan barang bukti miras impor palsu dari tangan 3 pelaku. (dok Bea Cukai Surakarta)

KARANGANYAR, AYOSEMARANG.COMBea Cukai Surakarta berhasil mengungkap jaringan pembuat minuman keras (miras) impor palsu yang dilekati pita cukai palsu, pada Selasa 29 Juni 2021.

Barang bukti yang berhasil diamankan sejumlah 27 (dua puluh tujuh) botol miras impor dilekati pita cukai palsu, 1.368 (seribu tiga ratus enam puluh delapan) botol bekas kosong dengan merek miras impor serta bahan pembuatan miras.

Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso mengemukakan, dari kegiatan ini, Bea Cukai Surakarta berhasil mengamankan 3 pelaku berinisial ABM, SYT, dan SPR.

“Berdasarkan informasi yang ada, modus yang dilakukan oleh pelaku adalah dengan melakukan penjualan atau pemasaran melalui media sosial yang sudah dilakukan berulang kali,” jelas Budi melalui keterangan resmi yang diterima Ayosemarang, Kamis 8 Juli 2021.

Dia menguraikan, pengungkapan jaringan ini bermula dari hasil analisa Tim Patroli Siber (Cyber Patrol).

AYO BACA : Bea Cukai Jateng-DIY Amankan Sejuta Rokok Ilegal, Disembunyikan di Tumpukan Garam

Petugas Unit Pengawasan Bea Cukai Surakarta selanjutnya melakukan penindakan dan penangkapan atas dugaan pelanggaran Undang-undang di bidang cukai yaitu terkait kegiatan penjualan miras yang tanpa dilekati pita cukai.

Pelaku menjual miras impor palsu ini dengan metode transaksi cash on delivery (COD) yang dilakukan oleh pelaku berinisial ABM. Adapun modus yang dilakukan ABM adalah dengan cara mengiklankan miras tersebut melalui halaman media sosial, dan selanjutnya pada saat transaksi penyerahaan barang pelaku ABM.

Petugas Bea dan Cukai Surakarta berhasil meringkus yang pelaku di area Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Puskesmas Gajah ll Demak Vaksinasi Door to Door

Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:12 WIB

MTs NU Banat Kudus Miliki 6 Tim Riset

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:16 WIB
X