3 Remaja Jadi Pelaku Penyebar Hoaks Aksi Tolak PPKM Darurat Kota Tegal

- Senin, 26 Juli 2021 | 15:48 WIB
Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari menunjukan barang bukti dalam ungkap kasus pelaku penyebar berita hoaks aksi tolak PPKM Darurat, Selasa 26 Juli 2021. (Ayotegal.com/Lilisnawati)
Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari menunjukan barang bukti dalam ungkap kasus pelaku penyebar berita hoaks aksi tolak PPKM Darurat, Selasa 26 Juli 2021. (Ayotegal.com/Lilisnawati)

TEGAL, AYOSEMARANG.COM -- Polres Tegal Kota berhasil mengungkap pelaku penyebar berita hoaks terkait dengan seruan aksi tolak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Tegal.

Ada 3 pelaku dari 71 orang yang diamankan polisi, Senin 19 Juli 2021. Kebanyakan dari mereka merupakan pelajar SMP dan SMA.

Sementara ketiga pelaku tersebut yakni EIA (16), FN (16) dan SI (14).

"Ada 71 anak yang waktu itu kita giring ke Mapolres Tegal Kota. Mereka diindikasi akan membuat keoanaran. Dan dari hasil identifikasi, ada 3 yang menjadi pelakunya," kata Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo saat konferensi pers di Mapolres Tegal Kota, Senin 26 Juli 2021.

AYO BACA : Apes! Tidak Jadi Ikut Demo Tolak PPKM Darurat, Puluhan Pelajar di Kota Tegal Malah Diciduk Polisi

Menurut Kapolres, ketiga pelaku tersebut mengunggah postingan ajakan demo tolak PPKM Darurat di sebuah grup Whatsapp dan Facebook yang bernama Allstar Tegal.

"Bunyinya adalah 'Allstar bergerak, dimohon buat kawan-kawan Allsatar Tegal, Brebes dan Pemalang bisa hadir pada hari Senin tanggal 19 Juli 2021. Tempat kumpul Alun-alun Tegal. Titik demo Balai Kota Lawas. Jam 10.00 WIB sampai dengan selesai. Acara tolak PPKM. Hentikan pertengkaran, Negara kita sedang kesusahan," ujarnya.

Ia membeberkan, pelaku berinisial EIA merupakan pelaku yang pertama mengunggah seruan aksi di grup Whatsapp Allstar Tegal.

Kemudian diteruskan oleh pelaku FN dan SI dan disebarkan di grup Facebook Allstar Tegal 2020.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Promosikan Kopi, Pemkab Temanggung Siapkan Ngopi Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 21:32 WIB

Sragen Kirim 2 Atlet untuk Berlaga di PON XX Papua

Jumat, 17 September 2021 | 15:15 WIB
X