Viral! Warga Desa di Daerah Magelang Ini Sepakat Tak Sebarkan Berita Covid-19

- Selasa, 27 Juli 2021 | 17:04 WIB
Ilustrasi spanduk besar viral di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang (instagram/kotamagelang.id)
Ilustrasi spanduk besar viral di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang (instagram/kotamagelang.id)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Selama pandemi covid-19 ini semua kegiatan harus dibatasi dan beradaptasi dengan protokol kesehatan.

Tragisnya kasus covid-19 ini membuat banyak orang tiba-tiba menjadi jurnalis, berlomba-lomba menyebarkan berita, yang tidak menelaah sumber resminya.

Hoaks menyebar di mana-mana, tidak heran jika masyarakat mudah termakan berita bohong, karena tidak ingin tertular virus yang sangat berbahaya.

Berdalih pengalaman pribadi atau ujaran teman, yang berasal dari jare (katanya) masyarakat mempercayai dan mengikuti arahan-arahan yang bukan berasal dari satgas Covid-19, atau dinas kesehatan, dan sumber resmi lainnya.

AYO BACA : Penelitian Kualitatif, Sulitkah?

Adanya hoaks membuat masyarakat parno, ketakutan, dan melakukan hal yang merugikan dirinya sendiri.

Warga Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, sepakat tidak upload berita tentang covid-19. Kesepakatan itu viral karena adanya spanduk besar disebelah gapura desa.

Hal tersebut dilakukan agar warga tenang dan tenteram. Dalam tulisan spanduk itu juga berisi arahan patuhi protokol kesehatan.

Akun Instagram kotamagelang.id membeberkan foto spanduk besarĀ  yang viral dari desa Wanurejo. postingan itu menuai pro dan kontra dari netizen.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

15 Seniman Demak Diterjunkan dalam GSMS

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:59 WIB
X