Dinkes Kota Tegal Ajak Pasien Covid-19 Karantina di Tempat Isolasi Terpusat

- Kamis, 29 Juli 2021 | 13:15 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari mengajak pasien positif Covid-19 menjalani karantina di tempat isolasi terpusat. (Ayotegal.com/Lilisnawati)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari mengajak pasien positif Covid-19 menjalani karantina di tempat isolasi terpusat. (Ayotegal.com/Lilisnawati)

TEGAL, AYOSEMARANG.COM -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari mengajak masyarakat yang terkonfimasi positif Covid-19 dapat menjalani karantina di tempat isolasi terpusat.

Ada 2 tempat karantina terpusat yang disediakan Pemerintah Kota Tegal, yakni Rusnawa Tegalsari yang berkapasitas 80 bed dan Gor Tegal Selatan yang berkapasitas 55 bed.

Meski demikian, keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) isolasi terpusat rendah atau hanya 25%.

Menurutnya, rendahnya BOR isolasi terpusat menandakan bahwa banyak masyarakat yang tidak mau menjalani karantina di tempat isolasi terpusat. Padahal, jumlah pasien yang menjalani isolasi mandiri cukup tinggi.

AYO BACA : BOR Isolasi Terpusat Kota Tegal Rendah, Banyak Masyarakat Pilih Isoman di Rumah

"Saya imbau agar masyarakat bisa isolasi diterpusat. Udah itu paling aman. Makan terjamin, sehari 3 kali. Dapat snack juga. Ada pemeriksaan kesehatan 3 kali sehari," ujarnya, Selasa 27 Juli 2021.

Hal itu bertujuan untuk meminimalisir adanya kejadian yang tidak diinginkan, seperti kasus pasien isolasi mandiri meninggal di rumah.

"Kalau isolasi mandirinya terpantau dan tempatnya memang layak sih nggak papa. Tapi kan kadang ada masyarakat yang baru datang dari luar kota, itu yang kadang tidak terpantau mereka tidak melapor. Karena kita menemukan kasus seperti itu," ucapnya.

Selain itu, gejala happy hipoxia juga harus diwaspadai oleh masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Dinsos Batang Pecat Dua Pendamping PKH, Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 16:56 WIB

Kementerian ATR-BPN Targetkan 2025 Seluruh Tanah Terdata

Senin, 20 September 2021 | 15:44 WIB

Percepatan Vaksinasi, Pemkab Sukoharjo Siap Kejar Target

Senin, 20 September 2021 | 14:54 WIB

Waspada! Wonogiri Berpotensi Terjadi Tsunami 33,5 Meter

Minggu, 19 September 2021 | 12:05 WIB

Puskesmas Dempet Komitmen Tangani Stunting di Demak

Sabtu, 18 September 2021 | 12:18 WIB
X