Mengenal Lebih Jauh Siapa Mardiyah, Sosok Legendaris di Tegal yang Diduga Seorang Nyai

- Jumat, 30 Juli 2021 | 17:25 WIB
Ilustrasi sosok kaya raya Mardiyah (unsplash)
Ilustrasi sosok kaya raya Mardiyah (unsplash)

TEGAL TIMUR, AYOSEMARANG.COMĀ - Sebagian besar masyarakat Tegal pastinya sudah tak asing lagi ketika mendengar nama Mardiyah. Terlebih dengan ungkapan 'Duite Mardiyah'.

Mardiyah sendiri disebut-sebut menjadi sosok legendaris dan tersohor di Tegal. Ia dikenal karena kekayaannya yang luar biasa. Dari situlah yang kemudian muncul ungkapan 'Duite Mardiyah'.

Ungkapan tersebut biasanya digunakan masyarakat untuk mengekspresikan keadaan tak punya uang.

Namun, pastinya banyak juga yang belum mengetahui siapa sebenarnya Mardiyah ini. Apalagi, ungkapan tersebut masih ada hingga saat ini, meski tak sepopuler pada tahun 60-an hingga tahun 90-an.

Cerita siapa Mardiyah pun memiliki banyak versi, ada yang menyebut Mardiyah keturunan orang kaya, ada juga yang menyebut Mardiyah adalah sosok nyai atau gundik Belanda.

Sejarahwan Pantura, Wijanarto mengatakan, Mardiyah memang sosok perempuan kaya di Tegal. Ia mempunyai banyak aset tanah, bisnis kapal dan logistik hasil bumi.

Ia menilai, Mardiyah merupakan sosok nyai jika dilihat dari kekayaannya yang tak lazim.

Mardiyah ini bisa jadi sosok nyai. Karena kekayaannya luar biasa, tetapi bukan keturunan orang kaya. Di antaranya aset tanah, punya bisnis kapal, logistik hasil bumi. Dulu tidak ada masyarakat biasa yang mampu mengumpulkan kekayaan sebanyak itu, kecuali memang keturunan orang kaya atau diperistri orang Eropa, terangnya, Kamis 29 Juli 2021.

Ditambah lagi dengan lokasi rumah Mardiyah yang diketahui berada di Desa Bandasari, Kabupaten Tegal dekat dengan lokasi pabrik gula Pagongan.

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Terkini

Dinsos Batang Pecat Dua Pendamping PKH, Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 16:56 WIB

Kementerian ATR-BPN Targetkan 2025 Seluruh Tanah Terdata

Senin, 20 September 2021 | 15:44 WIB

Percepatan Vaksinasi, Pemkab Sukoharjo Siap Kejar Target

Senin, 20 September 2021 | 14:54 WIB
X