Dinkes Demak Jalankan Screening HIV/AIDS di Tengah Pandemi

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 14:52 WIB
Kegiatan screening HIV/AIDS oleh Dinkes Kabupaten Demak di Rumah Tahanan Negara Kelas II Demak (Foto: Zaidi)
Kegiatan screening HIV/AIDS oleh Dinkes Kabupaten Demak di Rumah Tahanan Negara Kelas II Demak (Foto: Zaidi)


DEMAK, AYOSEMARANG.COM - Meski dalam situasi pandemi Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Demak tetap memerhatikan penanganan penyakit lainnya. Contohnya pelaksanaan Screening HIV/AIDS untuk penghuni Rumah Tahanan Negara Kelas II Demak, Kamis (29/07/2021).

Kasi Promosi dan Kesehatan Dinkes Kabupaten Demak Watjito menuturkan agenda yang dilakukan merupakan salah satu program yang menjadi Standar Pelayanan Minimal.

"Untuk pelaksanaan hari ini mencakup sejumlah 195 orang yang menjalani proses screening," katanya.

Dirinya menjelaskan alur kegiatan screening sendiri meliputi pendataan, proses tanya jawab, pengambilan sampel darah, yang kemudian dilanjutkan pemeriksaan rapid test.

AYO BACA : Warga Demak Antusias Ikuti Vaksinasi Dosis Kedua di Puskesmas

"Pelaksanaan kegiatan ini dibantu oleh layanan tim VCT Mobile dari Puskesmas Demak I dan Puskesmas Wonosalam 2 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," tegasnya.

Di sisi lain, Kepala Dinkes Kabupaten Demak Guvrin Heru Putranto mengatakan bahwa pelaksanaan screening merupakan agenda rutin tahunan yang wajib dilaksanakan.

"Hal ini rutin dilaksanakan mengingat rumah tahanan negara merupakan salah satu tempat dengan risiko tinggi terjadinya HIV/AIDS," pungkasnya.

Seperti diketahui bersama, Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah sejenis virus yang menginfeksi sel darah putih yang menyebabkan turunnya kekebalan tubuh manusia. Sedangkan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah sekumpulan gejala yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan infeksi oleh HIV.

Halaman:

Editor: Arie Widiarto

Tags

Terkini

Dinsos Batang Pecat Dua Pendamping PKH, Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 16:56 WIB

Kementerian ATR-BPN Targetkan 2025 Seluruh Tanah Terdata

Senin, 20 September 2021 | 15:44 WIB

Percepatan Vaksinasi, Pemkab Sukoharjo Siap Kejar Target

Senin, 20 September 2021 | 14:54 WIB
X