Peduli Ibu Hamil, Puskesmas Sayung I Gelar Swab Massal

- Senin, 2 Agustus 2021 | 20:55 WIB
Pelaksanaan uji swab untuk ibu hamil di Balai Desa Sidorejo (Foto: Zaidi)
Pelaksanaan uji swab untuk ibu hamil di Balai Desa Sidorejo (Foto: Zaidi)

DEMAK, AYOSEMARANG.COM -- Peduli akan kesehatan ibu hamil di masa pandemi Covid-19, Puskesmas Sayung I menggelar tes swab massal yang dilaksanakan untuk warga di wilayah kerjanya.

Desa terakhir yang dikunjungi untuk pelaksanaan uji swab ialah Desa Banjarsari dan Sidorejo yang dilaksanakan di Balai Desa Sidorejo, Senin (02/08/2021).

Kepala Puskesmas Sayung I dr. Eka Novaryanti Dalimunthe, melalui Promoter Kesehatan Puskesmas Sayung I, Rizki Amalia Ramandani menuturkan pelaksanaan swab masal ini merupakan bentuk skrining pencegahan dini penyebaran Covid-19 pada ibu hamil. Pasalnya, mereka merupakan salah satu golongan yang rentan terpapar karena daya tahannya yang lebih rendah dibanding kelompok lain.

Untuk hari ini kami menguji untuk 47 ibu hamil dan alhamdulilah hasilnya semua negatif, ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, Puskesmas Sayung I mengharapkan semua ibu hamil bisa mengikuti kegiatan tes swab masal. Meski begitu, pihaknya tidak bisa memaksakan kehendak kepada warga.

AYO BACA : Hujan Deras Mengguyur, Banjir Terjadi di Sejumlah Titik Kota Semarang

Mungkin sebagian juga ada yang berhalangan hadir, jadi kami sarankan datang langsung ke puskesmas jika ingin melakukan uji swab. Untuk ibu hamil tidak dipungut biaya alias gratis, syaratnya hanya perlu membawa KTP atau KK, ungkapnya.

Disampaikan, sebelumnya desa yang berada di wilayah kerja Puskesmas Sayung 1 yaitu Desa Sriwulan, Purwosari, Bedono, Sidogemah, Gemulak, Timbulsloko, Tugu, dan Surodadi sudah mendapatkan pelayanan uji swab dengan langsung terjun ke lapangan.

Pihak Puskesmas Sayung I juga mengimbau kepada ibu hamil yang rentan terpapar Covid-19 agar selalu menerapkan protokol kesehatan dan jika bisa lebih ketat lagi.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Gelapkan Dana PKH, Perangkat Desa Wonobodro Bunuh Diri

Kamis, 16 September 2021 | 10:51 WIB
X