Hasil Survei Mahasiswa KKN Undip, 50 Persen Warga Desa Tak Patuh Prokes

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 18:04 WIB
Julyan Hasna Maulida selaku mahasiswi KKN Undip Tim II sosialisasikan prokes ke warga Desa Paskaran Kecamatan Batang. (dok Mahasiswa KKN Undip)
Julyan Hasna Maulida selaku mahasiswi KKN Undip Tim II sosialisasikan prokes ke warga Desa Paskaran Kecamatan Batang. (dok Mahasiswa KKN Undip)

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Sejalan dengan perkembangan kasus virus Covid-19 di mana angka penularan masih tinggi, serta angka kematianya pun yang terus bertambah.

Namun demikian, masyarakat masih banyak yang tidak patuh protokol kesehatan. Padahal menggunakan masker dengan benar adalah salah satu cara efektif dalam pencegahan risiko penularan virus Covid-19.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Julyan Hasna Maulida selaku mahasiswi KKN Undip Tim II, hampir 50 persen warga Desa Pasekaran, Kecamatan Batang masih belum mematuhi protokol kesehatan.

AYO BACA : Mahasiswa KKN Undip Edukasi Warga Desa Tlogomulyo Soal Gula Darah dan Diabetes Melitus

"Hasil survei saya 50 persen warga Desa Paskaran belum patuh Prokes, seperti tidak memakai atau menggunakan masker tetapi tidak sebagaimana mestinya dan warga tetap berkerumun di tempat umum," kata Julyan Hasna Maulida.

Ia juga menjelaskan, pada pandemi Covid-19 gelombang kedua, menggunkan masker tidak boleh sembarangan. Karena Kementerian Kesehatan telah mengimbau tidak boleh memakai masker dengan kain tipis seperti masker scuba dan buff.

"Oleh karena itu, diperlukan adanya pendekatan lebih lanjut yang bisa membantu keamanan warga demi terhindar dari virus Covid-19. Maka kami solusikan ke warga cara murah mencegah penularan virus Covid-19, dengan mengajak warga untuk menjalani aktivitas sehari-hari sesuai protokol kesehatan," kata Julyan Hasna Maulida.

AYO BACA : Mahasiswa KKN Undip Buat Alat Pendukung Protokol Kesehatan dengan Bahan Sederhana

Mahasiswi KKN Undip itu, selain memeberikan pemahaman secara lisan, ia juga membagikan masker, menempelkan poster tentang jenis masker yang baik dan efektif untuk mencegah penularan virus Covid-19 di ruang publik.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

WADUH, Angka Perceraian di Batang Capai 4.119 Kasus

Selasa, 28 September 2021 | 17:45 WIB
X