Orang Tua Meninggal Akibat Covid-19, Puluhan Anak di Klaten Yatim Piatu

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 18:57 WIB
Ilustrasi (Istimewa)
Ilustrasi (Istimewa)

KLATEN, AYOSEMARANG.COM -- Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dissos P3AKB) Klaten mencatat puluhan anak di Klaten menjadi yatim piatu akibat orang tuanya meninggal dunia akibat Covid-19.

Kepala Dissos P3AKB Klaten, M. Nasir, mengatakan pihaknya telah melakukan pendataan anak yatim piatu akibat orang tua yang meninggal karena Covid-19.

AYO BACA : Baznas Klaten Serahkan Sejumlah Bantuan Peralatan Pendukung Satgas Covid-19

“Kalau jumlah anaknya sekitar 40 anak. Karena ada yang di satu keluarga itu jumlah anak lebih dari satu orang,” ujarnya dikutip dari solopos.com, Rabu 4 Agustus 2021.

Asesmen dilakukan Dissos P3AKB bersama Pusat Layananan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PLKSAI). Dissos P3AKB memastikan bakal ada pendampingan kepada anak-anak yang menjadi yatim piatu tersebut.

AYO BACA : Bupati Klaten Tegakkan PPKM Darurat, dari Teguran Sampai Aksi Stikerisasi Jalanan

Adapun pendampingan yang diberikan seperti pengasuhan, pendidikan, akses kesehatan, psikologis, hingga identitas anak.

“Kami memastikan manakala mereka tidak bisa diasuh oleh saudara, maka kami akan merujuk ke panti sosial yang ada atau lembaga dan yayasan anak di Klaten. Untuk asesmen sudah kami lakukan ke sekitar 10 keluarga,” katanya.

Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) Kementerian Sosial, Nur Sakuri, mengatakan pendataan secara detail masih terus dilakukan. Hal itu termasuk untuk memastikan kondisi anak-anak tersebut kehilangan kedua orang tua atau salah satu orang tua mereka. “Tentunya nanti dari Dissos P3AKB akan ada pendampingan kepada mereka,”imbuhnya.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Terkini

Gelapkan Dana PKH, Perangkat Desa Wonobodro Bunuh Diri

Kamis, 16 September 2021 | 10:51 WIB
X