Tanggulangi Korona, Setiap RW di Salatiga Dapat Alokasi Rp15 Juta

- Kamis, 9 April 2020 | 17:15 WIB
Wali Kota Salatiga Yuliyanto. (dok)
Wali Kota Salatiga Yuliyanto. (dok)

SALATIGA, AYOSEMARANG.COM - Seluruh Rukun Warga di Kota Salatiga dialokasikan dana sebesar Rp 15 juta untuk penanganan pencegahan persebaran virus korona atau Covid-19. Sementara untuk skala kota, Pemkot Salatiga menganggarkan Rp70 miliar.

Anggaran Rp15 juta per RW tersebut diambilkan dari dana Guyub RW yang merupakan program rutin. Nanti akan kita perkuat dengan surat, agar bisa dimanfaatkan untuk pencegahan corona, jelas Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Kamis (9/4/2020).
\n  
\nPenggunaan stimulan tersebut diarahkan untuk pembelian disinfektan, hand sanitizer, dan sabun cair. 

AYO BACA : Kampung Wisata Pancuran Dihiasi Mural Pahlawan Salatiga

Sementara untuk jaring pengaman sosial (JPS), lanjutnya, dianggarkan hingga Rp70 miliar. Dana tersebut berasal dari pergeseran anggaran sebanyak Rp18 miliar dan biaya tak terduga Rp52 miliar. 

Tujuannya hanya satu, membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi karena wabah korona ini, tegas Yuliyanto.

AYO BACA : Usai Ngamen, Anak Punk di Salatiga Dibakar Hidup-hidup

Pemkot Salatiga sudah menetapkan status tanggap darurat selama 60 hari mulai 1 April 2020. Dia memperkirakan ada sekitar 30.000 warga yang terdampak secara ekonomi.

Tapi ini masih dilakukan pendataan secara ketat, karena penerima bantuan ini bukan yang terdaftar sebagai Program Keluarga Harapan, kata Yuliyanto. Bantuan berujud sembako tersebut akan diberikan selama tiga bulan ke depan.

Mengenai adanya rencana pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat, Yuliyanto juga memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat. Pendataan untuk warga terdampak di Salatiga akan selesai pada 15 April ini, nanti kalau ada program dari pusat atau propinsi, maka bisa disinergikan. Kita harus bersatu mengatasi wabah ini, ungkapnya.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

PSISa Salatiga: Lini Serang Masih jadi PR

Kamis, 16 September 2021 | 19:33 WIB

Satgas Covid-19 Pusat Kunjungi Kota Salatiga

Jumat, 20 Agustus 2021 | 18:55 WIB
X