Rektor UKSW: Pak Arief Itu Humble, Berkarakter, dan Berani Lawan Arus

- Kamis, 23 April 2020 | 15:00 WIB
Prof Arief Budiman. (dok)
Prof Arief Budiman. (dok)

SALATIGA, AYOSEMARANG.COM-– Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kehilangan aset besar atas meninggalnya Prof Arief Budiman. Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara SE MSc PhD memiliki kenangan secara pribadi dengan Arief Budiman.

“Bagi saya, Pak Arief adalah seorang intelektual yang berkarakter kuat. Dia duduk di atas prinsip apa yang benar, katakan benar, demikian juga yang keliru. Dia akan menyatakan secara apa adanya, terbuka. Itu ciri-ciri intelektual yang berintegritas,” kata Neil Semuel kepada AyoSemarang.com saat dihubungi, Kamis (23/4/2020).

Selain memiliki integritas dan berkarakter kuat, Arief Budiman adalah sosok yang humble dan sangat dekat dengan siapa pun, tanpa memandang jarak dan status sosial. 

AYO BACA : Prof Arief Budiman Meninggal Dunia, UKSW Kehilangan

“Beliau juga orang yang tidak mau berjarak dari orang lain, termasuk dekat dengan mahasiswa-mahasiswanya. Dia tidak merasa sebagai intelektual yang punya reputasi kuat, lalu seperti menara yang berjarak dari yang lain. Sangat humble,” tuturnya mengenang.

Yang selalu Neil ingat dari sosok Arief Budiman, yakni sikap kritisnya dalam statusnya sebagai intelektual. Dia, kata Neil, pada masa yang tidak mudah untuk mengekpresikan pikiran kritis secara terbuka di masa rezim Orde Baru.

-

AYO BACA : Forkompinda Salatiga Patroli Masker, Wali Kota Tegur Warga yang Bandel

“Jangan tanya tetang kekritisian dalam ststusnya sebagai intelektual. Pak Arief adalah pribadi yang seolah bisa melawan arus dan gelombang. Dia tetap tidak kehilangan kompas moralnya untuk menyampaikan pandangannya atas realitas persoalan-persoalan berbangsa,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

PSISa Salatiga: Lini Serang Masih jadi PR

Kamis, 16 September 2021 | 19:33 WIB

Satgas Covid-19 Pusat Kunjungi Kota Salatiga

Jumat, 20 Agustus 2021 | 18:55 WIB
X