Belasan Ribu Pendaftar Vaksinasi di Kendal Belum Jelas Kapan Disuntik

- Rabu, 15 September 2021 | 10:40 WIB
Bupati Kendal memantau vaksinasi di ponpes APIK kaiwungu beberapa waktu yang lalu.  (edi prayitno/kontributor kendal)
Bupati Kendal memantau vaksinasi di ponpes APIK kaiwungu beberapa waktu yang lalu. (edi prayitno/kontributor kendal)



KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Lantaran kendal pengiriman stok dosis vaksin dan kekhawatiran efek dari vaksin AstraZeneca, Dinas Kesehatan belum melaksanakan vaksinasi di sentra vaksin Kendal.

Pasokan vaksin AstraZeneca yang diterima diprioritaskan untuk vaksin di desa-desa.

"Jenis vaksin tersebut baru pertama kali diterima oleh Kendal yang menyebabkan Dinas Kesehatan Kendal menyatakan tidak berani untuk melakukan vaksinasi di sentra karena KIPI dari AstraZeneca yang cukup tinggi. Sehingga pelaksanaan mulai dilakukan di desa-desa untuk memudahkan pemantauan bidan desa dan puskesmas karena KIPI yang dialami masyarakat. Alhasil, pelaksanaan vaksinasi di sentra-sentra mulai berhenti dan juga adanya arahan Provinsi Jawa Tengah untuk memfokuskan pelaksanaan vaksinasi di desa-desa," jelas Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Rabu 15 September 2021.

Baca Juga: Vaksinasi Pelajar di Kendal Terus Dikebut, Capaian Baru 17%

Data pendaftar sentra yang terakhir kali masuk sebanyak 15.591 orang dan  baru sekitar 1.750 pendaftar yang mendapatkan fasilitasi pelaksanaan vaksinasi.

"Hingga saat ini, masih ada sebanyak 13.841 pendaftar yang belum mendapatkan kepastian jadwal pelaksanaan vaksinasi sentra," imbuhnya.

Warga yang menunggu kapan pelaksanaan vaksin banyak mengadu ke medsos bupati, ada 59 masyarakat yang menanyakan kejelasan jadwal vaksin sentra.

“Stok vaksin ada lagi kapan? Saya belum vaksin,” tulis akun davidkristian961.

Baca Juga: BOCORAN Soal TKP Tes SKD CPNS 2021, Bisa Dipelajari Agar Lulus

“Pak kapan jadwal vaksinnya ?” kata akun vivi_handoko16

Selain kolom instagram, sebanyak 27% masyarakat mengadu perihal jadwal vaksinasi dan 26% mengadu perihal informasi pendaftaran vaksinasi, seperti yang diadukan oleh salah satu masyarakat melalui kanal DicoMendengar.

Menanggapi pertanyaan warga bupati menjelaskan,  belum terfasilitasinya pendaftar sentra dikarenakan tenaga kesehatan saat ini masih melangsungkan vaksinasi di puskesmas, dan secara mobile ke desa-desa, sekolah, pondok pesantren, dan industri.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi di Kendal, Ini Konsep Tiga Sektor dari Bupati Dico

Bupati Kendal Dico juga akan berupaya untuk memfasilitasi para pendaftar sentra sebelumnya dengan melakukan pengaturan jadwal tim vaksinator yang dimiliki Kabupaten Kendal.

Ditambahkan, setiap sentra memiliki kuota maksimal peserta sesuai dengan kemampuan lokasi sentra untuk mencegah kerumunan. Empat sentra memiliki kuota maksimal sebesar 650 peserta dan Sentra Stadion Kebondalem memiliki kuota maksimal sebesar 1.500 peserta. 

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Siapkan 3 Jalur Penghubung Kendal Bawah dan Atas

Selasa, 21 September 2021 | 18:44 WIB

50% Santri di Kendal Sudah Dapatkan Vaksinasi Covid-19

Senin, 20 September 2021 | 19:18 WIB
X