Contoh Baik! Siswa SD FX Marsudirini 78 Salatiga Diedukasi Pilah Pilih Sampah

- Rabu, 15 September 2021 | 12:54 WIB
Agnes Sarisha, siswi kelas 6 SD FX Marsudirini 78 Salatiga Salah satu siswa kelas 6 diajak memahami kategori sampah yang dipilah oleh tim dari Ijo Lumut. (dok SD FX Marsudirini 78 Salatiga )
Agnes Sarisha, siswi kelas 6 SD FX Marsudirini 78 Salatiga Salah satu siswa kelas 6 diajak memahami kategori sampah yang dipilah oleh tim dari Ijo Lumut. (dok SD FX Marsudirini 78 Salatiga )

SALATIGA, AYOSEMARANG.COM -- Pengelolaan sampah semakin hari menjadi semakin penting. Sampah-sampah tersebut dapat menyebabkan penyakit, merusak ekosistem, bahkan turut mendatangkan bencana.

Salah satu langkah utama dalam pengelolaan sampah adalah sorting atau pemilahan. Sampah harus dipilah dan dibuang berdasarkan jenisnya agar pengelolaan sampah lebih mudah.

Hal itulah yang mendasari diadakannya kegiatan edukasi pilah sampah oleh SD FX Marsudirini 78 Salatiga bersama Pusat Edukasi dan Kreasi Daur Ulang Salatiga Ijo Lumut, Rabu 15 September 2021, di ruang auditorium Rafael.

Baca Juga: Keren, Desa Binaan UKSW Salatiga Ini Menangi Lomba BCA Desa Wisata Award

Edukasi yang diadakan dengan mematuhi protokol kesehatan itu diwaliki oleh beberapa murid kelas 4, 5, dan 6. Kepala SD FX Marsudirini 78, Tri Santosa, berharap dengan adanya kegiatan ini anak-anak bisa menjadi pelopor pemilahan sampah.

"Saya berharap nanti anak-anak yang mengikuti kegiatan ini bisa memotivasi teman-teman yang lain untuk menjadi contoh baik dalam mengurangi sampah serta mengerti tujuan, manfaat, dan keuntungan dalam pemilahan sampah," kata Tri Santosa melalui keterangan resmi yang diterima Ayosemarang.

Kegiatan diawali dengan materi tentang pengenalan jenis sampah organik dan anorganik oleh tim dari Ijo Lumut, Kristanto dan Aji.

Peserta diajak mengobservasi berbagai jenis sampah yang telah dibawa dari rumah dan bagaimana memanfaatkan agar bisa dibuat menjadi ragam produk ekonomi kreatif.

Baca Juga: Bintari Edukasi Pengelola Bank Sampah, Bantu Atasi Sampah di Kota Semarang

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PSISa Salatiga: Lini Serang Masih jadi PR

Kamis, 16 September 2021 | 19:33 WIB

Satgas Covid-19 Pusat Kunjungi Kota Salatiga

Jumat, 20 Agustus 2021 | 18:55 WIB
X