Festival Kota Lama Semarang 2021 Hidupkan Kawasan Cagar Budaya

- Rabu, 15 September 2021 | 13:33 WIB
Gereja Blenduk di kawasan Kota Lama (ayosemarang.com/Afri )
Gereja Blenduk di kawasan Kota Lama (ayosemarang.com/Afri )


SEMARANG UTARA, AYOSEMARANG.COM- Pemerintah bakal ikut dan mendorong kegiatan Festival Kota lama Semarang, yang akan digelar pada tanggal 16 hingga 24 September 2021 Mendatang. Festival ini diharapkan semakin menghidupkan Kota lama Semarang yang merupakan kawasan cagar budaya. Festival Kota Lama ini juga akan dilakukan dengan digitalisasi.

Hal ini terungkap dalam dialog yang digelar oleh Direktorat Informasi dan Komunikasi Publik, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, secara daring, Rabu 15 September 2021.

Baca Juga: [SEMARANGAN] Jejak Jalur Daendels di Semarang, Lintasi Tugu Muda hingga Kota Lama

Narasumber yang hadir Dirjen informasi dan komunikasi publik Kemenkominfo Usman Kansong dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Prof Haryono.

Ganjar menyatakan revitalisasi Kota Lama Semarang akan semakin menarik apabila dengan adanya digitalisasi. Terlebih jika sasarannya anak muda, sehingga sekaligus bisa untuk sosialisasi tentang nilai-nilai Pancasila.

''Apalagi masih terdapat situs-situs bangunan bersejarah dengan berbagai arsitektur yang berasal dari abad pertengahan sehingga bisa juga menjadi pengenalan tentang sejarah,'' jelasnya.
Usman Kansong menyebutkan, terkait dengan transformasi digital, maka perlu pula dilakukan pengenalan nilai-nilai Pancasila kepada anak muda dengan cara digital pula agar tepat sasaran.

Sementara Profesor Haryono menyebutkan, Pancasila sebagai ideologi itu adalah doktrin tetapi cara sosialisasinya harus inspiratif dan persuasif. Maka melalui digitalisasi di Festival Kota Lama ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk membangkitkan kecintaan terhadap bangsa Indonesia.

Baca Juga: Meskipun Sudah Sering Dikunjungi, Kota Lama Masih Jadi Favorit Wisatawan Kota Semarang

''Konsep-konsep edukasi yang lebih kreatif dan inspiratif termasuk memanfaatkan situs Kota lama Semarang, menjadi sangat dibutuhkan,'' ujarnya.

 

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Siapkan 3 Jalur Penghubung Kendal Bawah dan Atas

Selasa, 21 September 2021 | 18:44 WIB

Update Stok Darah Semarang, Selasa 21 September 2021

Selasa, 21 September 2021 | 15:30 WIB

Cakupan Vaksinasi di Sejumlah Wilayah Jateng Masih Rendah

Selasa, 21 September 2021 | 14:44 WIB

Jateng Kebut Percepatan Vaksinasi

Selasa, 21 September 2021 | 14:15 WIB

Dindikbud Demak Genjot Lingkungan Belajar Berkualitas

Selasa, 21 September 2021 | 10:35 WIB
X