Polisi Bongkar Sindikat Skimming Data Nasabah, Pelaku Warga Negara Asing

- Rabu, 15 September 2021 | 16:35 WIB
Ilustrasi modus kejahatan skimming. (shutterstock)
Ilustrasi modus kejahatan skimming. (shutterstock)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM – Polisi membongkar sindikat pelaku kejahatan dengan modus skimming atau menyedot data nasabah bank untuk menguras isi seluruh uang nasabah.

Skimming adalah sebuah metode untuk membaca data magnetik yang terdapat pada kartu debit atau kartu kredit secara ilegal dengan cara memodifikasi hardware atau software alat pembayaran atau menggunakan alat pembaca kartu (skimmer).

Tiga pelaku kejahatan skimming tersebut ditangkap Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Dua di antara pelaku merupakan warga negara asing (WNA) dan satu lagi warga negara Indonesia (WNI).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan alam kasus ini, para pelaku menguras uang senilai Rp17 Miliar melalui ATM milik nasabah salah satu bank BUMN.

Baca Juga: Kasus Oknum BNI Gelapkan Dana Nasabah Rp45 Miliar, Pakar Ekonomi Sebut Ada Dugaan Orang Dalam

"Korbannya adalah salah satu bank BUMN. Ini berawal sekitar September lalu terdapat beberapa nasabah bank BUMN yang menyanggah adanya transaksi di rekeningnya. Total yang sudah diambilkan dan dikirim ke penampung sudah Rp17 miliar," ujarnya, Rabu 15 September 2021.

Menurut Yusri, ketiga pelaku telah beraksi selama satu tahun terakhir. Ketiga pelaku yang diringkus petugas kepolisian yakni berinisial VK Warga Negara Rusia, NG Warga Negara Belanda dan RW Wahyu Warga Negara Indonesia.

"Tim melakukan pendalaman, penyidikan berhasil mengamankan awalnya 2 orang. Satu WN Rusia, yang satu WN Belanda dan ketiga RW ini WNI. Sindikat ini memilih tempat yang mudah untuk memasang alat deep skimmer. Saat memasang alat skimmer mereka melakukan penyamaran, pakai topi karena tahu ada CCTV. Kemudian ada juga alat untuk menutup corong CCTV supaya gambarnya agak kabur," tuturnya.

Baca Juga: Uang Nasabah Rp45 M Dibobol Pegawai, BNI Bisa Dijerat 5 Pasal Sekaligus

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Sumber: Ayojakarta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Siapkan 3 Jalur Penghubung Kendal Bawah dan Atas

Selasa, 21 September 2021 | 18:44 WIB

Update Stok Darah Semarang, Selasa 21 September 2021

Selasa, 21 September 2021 | 15:30 WIB

Cakupan Vaksinasi di Sejumlah Wilayah Jateng Masih Rendah

Selasa, 21 September 2021 | 14:44 WIB

Jateng Kebut Percepatan Vaksinasi

Selasa, 21 September 2021 | 14:15 WIB

Dindikbud Demak Genjot Lingkungan Belajar Berkualitas

Selasa, 21 September 2021 | 10:35 WIB
X