(SEMARANGAN) Bioskop Kota Semarang Era 80-an Part 1: Bioskop Mewah Sudah Pakai Kursi Empuk dan AC

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:32 WIB
Bekas Bioskop Semarang Theater di depan Paragon. Saat ini bangunan Semarang Theater sudah tak berbentuk dan hanya jadi tempat parkir.  (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Bekas Bioskop Semarang Theater di depan Paragon. Saat ini bangunan Semarang Theater sudah tak berbentuk dan hanya jadi tempat parkir. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Hasrat menonton bioskop di Kota Semarang tidak hanya di masa kini saja, namun bertahun-tahun lampau Kota Semarang punya era kejayaan sejumlah bioskop lawas.

Imam Rahmayadi, pengamat film di Kota Semarang dan penikmat bioskop sejak 1980-an memaparkan eksistensi bioskop lawas di Kota Semarang.

Menurutnya, bioskop lawas di Kota Semarang terbagi berdasarkan kelas. Ada yang tergolong kelas menengah ke atas dan menengah ke bawah.

Baca Juga: (SEMARANGAN) Hygea, Pabrik Air Minum di Kota Semarang yang Semakin Ditelan Zaman (Part 1)

Imam pun mengungkapkan bioskop-bioskop mana saja yang termasuk kelas menengah ke atas.

“Ada lima bioskop yang mewakili, yakni Studio 1 di Puri Anjasmoro, Bioskop Gris di Jalan Pemuda, Kanjengan Theater, Gelora di jalan Dr Cipto, dan Sri Indah,” ucap Imam, saat ditemui, Selasa 12 Oktober 2021.

Bioskop mewah memiliki ciri yang mirip, mulai dari fasilitas, harga, hingga jenis film yang diputar. Kala itu, harga tiketnya antara Rp500 hingga Rp750. Kursinya empuk dan pakai AC.

Baca Juga: (SEMARANGAN) Tenar di Era Kolonial, Pabrik Air Minum Hygea di Kota Semarang Promosi Pakai Balon Udara (Part 2)

Dari kelima bioskop itu, Imam paling suka Kanjengan Theater. Bioskop ini Imam anggap sebagai bioskop pertama di Kota Semarang karena dilengkapi dengan eskalator.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X