(SEMARANGAN) Bioskop Kota Semarang Era 80-an Part 2: Harga Tiket Rp150, Putar Film India hingga Film Silat

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:18 WIB
Eks Bioskop Rahayu yang kini jadi toko sepatu Trend. Bioskop Rahayu sering memutar film-film India.  (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Eks Bioskop Rahayu yang kini jadi toko sepatu Trend. Bioskop Rahayu sering memutar film-film India. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Bioskop Kota Semarang era 80-an selain menyediakan untuk kalangan menengah ke atas, namun banyak juga yang untuk kalangan menengah ke bawah.

Imam Rahmayadi, pengamat film di Kota Semarang dan penikmat bioskop era 80-an menjelaskan bioskop mana saja yang termasuk kalangan menengah ke bawah.

“Ada Bioskop Indra di Jalan Dr Cipto, Kencana Theater di Kaligawe, Merdeka di Bugangan, dan Palapa di Jalan Majapahit, sebagai bioskop kelas semenjana,” ungkapnya.

Baca Juga: (SEMARANGAN) Bioskop Kota Semarang Era 80-an Part 1: Bioskop Mewah Sudah Pakai Kursi Empuk dan AC

Bioskop kelas menengah memiliki fasilitas di bawah bioskop elit, tempat duduk dari kayu dan penyejuk ruangan menggunakan kipas angin besar. Harga tiketnya terbilang murah, sekitar Rp150.

“Bioskop-bioskop (kelas menengah) ini cenderung lebih laris karena jadi pelarian bagi mereka yang nggak bisa menonton di bioskop mahal,” tutur Imam.

Imam lalu juga berkelakar, sering di tengah-tengah menonton film, kaki-kaki penonton dilintasi oleh tikus-tikus liar yang saling berkejaran.

Baca Juga: (SEMARANGAN) Perjalanan Prostitusi di Kota Semarang, dari Sunan Kuning, Ciblek, hingga WPS Sekitar Stasiun

Hanya Memutar Film Khusus

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X