BKAD Kangkung Belajar Kelola Sampah Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:09 WIB
Direktur PT Terryham Proplas Indonesia  Syamsunar, menerima kunjungan BKAD Kecamatan Kangkung untuk belajar pengolahan sampah.   (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)
Direktur PT Terryham Proplas Indonesia Syamsunar, menerima kunjungan BKAD Kecamatan Kangkung untuk belajar pengolahan sampah. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KALIWUNGU, AYOSEMARANG.COM -- Tidak dapat dipungkiri sampah plastik menjadi persoalan utama masyarakat karena sulit diurai alam. Padahal jika bisa memanfaatkan dan mengolahnya, sampah plastik ini mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Peluang inilah yang dilirik penggiat desa di Kecamatan Kangkung untuk mengembangkan unit usaha bersama.

Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Kangkung, Muhammad Ulil Amri mengatakan, kunjungannya ke PT Terryham Proplas Indonesia untuk menambah wawasan di bidang industri bagi para anggotanya.

Baca Juga: Forkompincam Weleri dan Pageruyung Tinjau Vaksinasi

Soal pengelolaan sampah plastik, imbuhnya, menjadi salah satu peluang yang ingin dikembangkan oleh organ gabungan pemerintah desa ini.

Dikatakannya, persoalan sampah plastik menjadi perhatian serius pemerintah dan para pegiat lingkungan. Menurutnya diperlukan inovasi dan kreativitas untuk memecahkan persoalan sampah plastik yang berdampak buruk bagi kelestarian lingkungan.

"Unit usaha yang akan kami kembangkan ini sebagai ikhtiar kami untuk mendukung upaya pemerintah mengurangi dampak negatif dari sampah plastik dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Dalam kunjungan ke PT KEND'S ini, kami juga diskusi kemungkinan desa bermitra dengan industri," tutur Ulil.

Baca Juga: Pemkab Kendal Ajak Milenial Garap Pertanian agar Tumbuh Inovasi Pangan

Sementara itu, Syamsunar, Direktur PT Terryham Proplas Indonesia menyambut baik kunjungan BKAD Kecamatan Kangkung ke perusahaannya yang berlokasi di jalan lingkar Kendal-Semarang itu.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Kendal Dico Minta Baznas dan UPZ Lebih Inovatif

Sabtu, 27 November 2021 | 21:04 WIB

8 Persen Anggaran Tahun 2022 untuk Pemulihan Ekonomi

Jumat, 26 November 2021 | 20:31 WIB

Disdikbud Kendal Dorong Kesuksesan Sekolah Penggerak

Kamis, 25 November 2021 | 11:29 WIB
X