Kampung di Kendal Ini Gelar Tradisi Weh-wehan Desa, Bagikan Makanan Khas ke Pengguna Jalan

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:20 WIB
Kepala desa Nolokerto dan Pengurus Kampung KB melihat lomba sajian weh-wehan dalam tradisi ketuwin. (edi prayitno/ kontributor Kendal)
Kepala desa Nolokerto dan Pengurus Kampung KB melihat lomba sajian weh-wehan dalam tradisi ketuwin. (edi prayitno/ kontributor Kendal)

KALIWUNGU, AYOSEMARANG.COM -- Tradisi weh-wehan atau ketuwin sudah menjadi budaya masyarakat Kaliwungu yang digelar untuk memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW.

Hampir tiap kampung dan gang menyelenggarakan tradisi ini, dengan cara berbeda-beda namun tetap dengan maknanya yakni saling berbagi.

Seperti di Kampung KB Nolokerten Desa Nolokerto, warga dua RT menggelar tradisi weh-wehan dengan meriah.

Baca Juga: Tradisi Weh-Wehan yang Tidak Lekang oleh Zaman

Tidak hanya menyiapkan makanan di depan rumah warga, ikatan remaja nya membagikan makanan khas Kaliwungu secara gratis kepada pengguna jalan yang melintas.

Deretan meja berisikan makanan juga terlihat di sepanjang jalan kampung yang menandakan kemeriahan tradisi yang dilakukan setahun sekali ini. Pengurus Kampung KB Nolokerten Zaenul Khafidin mengatakan, untuk tahun ini menggelar tradisi weh-wehan dengan mengadakan lomba sajian makanan untuk ketuwin.

“Untuk tahun ini kita mencoba membuat gebrakan dengan mengadakan lomba sajian makanan ketuwin dan baru diikuti oleh warga dari 2 RT saja. Nantinya kita ingin tradisi ini dan kegiatan seperti ini dilakukan tingkat desa sehingga lebih meriah,” jelasnya.

Baca Juga: Hasil Positif di Laga Uji Coba, Motivasi Persik Kendal Siap Naik Kasta

Lomba makanan weh-wehan sendiri menyajikan sejumlah makanan tradisional khas Kaliwungu, mulai dari ketan beraneka warga, sumpil dan jajanan pasar lainnya.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Kendal Dico Minta Baznas dan UPZ Lebih Inovatif

Sabtu, 27 November 2021 | 21:04 WIB

8 Persen Anggaran Tahun 2022 untuk Pemulihan Ekonomi

Jumat, 26 November 2021 | 20:31 WIB

Disdikbud Kendal Dorong Kesuksesan Sekolah Penggerak

Kamis, 25 November 2021 | 11:29 WIB
X