Taman Pierre Tendean Semarang Punya Kelayakan Seni di Ruang Publik

- Kamis, 25 November 2021 | 08:44 WIB
Patung Taman Pierre Tendean Semarang disebut memiliki kelayakan seni di ruang publik.  (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Patung Taman Pierre Tendean Semarang disebut memiliki kelayakan seni di ruang publik. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Patung di Taman Pierre Tendean Semarang memenuhi kriteria kelayakan sebuah seni di ruang publik.

Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Pemkot Semarang, Murni Ediati menyebut, kelayakan Patung Taman Pierre Tendean Semarang memiliki 6 fungsi.

Taman Pierre Tendean Semarang disebut memiliki fungsi ekologis, rekreatif, estetis, planologi, pendidikan, dan fungsi ekonomis.

Baca Juga: Dibangun dengan Konsep Modern, Hendi Resmikan Taman Signature Piere Tendean

Pada fungsi estetis, tak jarang patung maupun objek lainnya ditempatkan dalam taman-taman tersebut.

"Patung Pierre Tendean yang ada di Taman Signature dinilai menjadi yang paling baik diantara patung-patung lain yang ada di Kota Semarang," ungkapnya, Rabu 24 November 2021.

Hal senada juga diungkapkan oleh kurator seni rupa, Kuss Indarto.

Lebih lanjut, Kuss menerangkan secara teoritik karya patung di ruang publik membutuhkan beberapa hal.

Pertama, kata Kuss, public art sebaiknya sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh masyarakat, pemilik lahan maupun otoritas kota.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prediksi Cuaca Semarang Hari ini Selasa 30 November 2021

Selasa, 30 November 2021 | 07:53 WIB
X