Suara Dentuman Meriam Tandai Peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang

- Senin, 14 Oktober 2019 | 22:46 WIB
Penampilan drama teatrikal yang menggambarkan sengitnya pertempuran antara pemuda Semarang dan penjajah Jepang. (Fakhri/Magang Ayosemarang.com)
Penampilan drama teatrikal yang menggambarkan sengitnya pertempuran antara pemuda Semarang dan penjajah Jepang. (Fakhri/Magang Ayosemarang.com)

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Kawasan Tugu Muda mendadak menjadi gelap gulita. Beberapa kali terdengar dentuman meriam menggelegar dan suara senapan seolah bersaut-sautan seolah seperti medan pertempuran.

Benar saja, padamnya lampu, suara meriam dan senapan yang menggelegar tersebut merupakan dalah satu rangkaian acara dalam peringatan mengenang Pertempuran Lima Hari di Semarang yang terjadi pada 14 Oktober hingga 19 Oktober 1945.

Pada saat itu, Jepang enggan menyerahkan senjatanya pasca Proklamasi Kemerdekaan. Sehingga, terjadilah perlawanan antara pemuda Kota Semarang dan para tentara Jepang.

AYO BACA : IKA FIB Undip-Pemkot Inisiasi Awards bagi Pejuang Pertempuran 5 Hari

Dalam peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang tersebut, juga ditampilkan drama teatrikal yang menggambarkan sengitnya pertempuran antara pemuda dan penjajah Jepang saat itu. Gugurnya Dr Kariadi saat mengecek sumber air di daerah Mungal juga menjadi salah satu sebab pemantik pecahnya pertempuran.

Tak ayal, pertunjukan teatrikal yang melibatkan, mahasiswa dan pelajar itu pun menarik perhatian masyarakat yang ikut datang menyaksikan acara peringatan pertempuran 5 hari di Semarang tersebut.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dalam sambutanya mengajak seluruh peserta upacara sekaligus masyarakat Kota Semarang untuk bersyukur atas kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan terdahulu. 

AYO BACA : Lecehkan Wiranto, Facebook Imam Nurcahyono Dilaporkan Polisi

"Perjuangan para pahlawan perlu kita teladani bersama untuk mempertahankan Kemerdekaan ini untuk Semarang menjadi lebih maju dan hebat lagi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Update Stok Darah Semarang, Rabu 27 Oktober 2021

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:19 WIB

Peluang Siswa SMK jadi Pengusaha Masih Terbuka Lebar

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:26 WIB
X