APBD Jateng Naik Rp 2,1 Triliun, Ganjar Fokus Tingkatkan Fasilitas Dasar Masyarakat

- Selasa, 15 Oktober 2019 | 18:13 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Tengah). (Afri Rismoko/Ayosemarang.com)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Tengah). (Afri Rismoko/Ayosemarang.com)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengusulkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020 sebesar Rp 28,77 triliun. Dibanding ABPD tahun lalu sebesar Rp26,63 triliun, terdapat kenaikan anggaran sebesar Rp 2,1 triliun pada usulan APBD tahun ini.

Terdapat kenaikan signifikan pada pos-pos anggaran yang terkait fasilitas dasar masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, pemukiman dan infrastruktur. Pada sektor pendidikan misalnya, anggaran dinaikkan dari Rp6,08 triliun pada 2019 menjadi Rp6,77 triliun di tahun 2020.

"Penambahan anggaran sektor pendidikan salah satunya untuk mendorong penambahan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Jateng berbasis boarding school gratis di 15 titik daerah zona merah di Jawa Tengah," kata Ganjar.

AYO BACA : Tim Densus 88 Amankan Pasutri Terduga Teroris di Gunungpati

Penambahan mata anggaran cukup besar juga dilakukan pada sektor kesehatan. Tahun depan, Pemprov Jateng mengusulkan anggaran Rp2,66 triliun, naik dari tahun 2019 yang hanya Rp2,52 triliun. Anggaran difokuskan untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.

Anggaran untuk urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang juga mengalami kenaikan, dari Rp1,228 triliun menjadi Rp1,66 triliun. Penambahan anggaran ini dilakukan untuk berbagai proyek pekerjaan umum, infrastruktur, sumber daya air dan penataan ruang.

Kenaikan juta terjadi pada anggaran untuk urusan perumahan rakyat dan kawasan permukiman. Dari semula Rp36,78 miliar menjadi Rp44,81 miliar. 

AYO BACA : Hujan di Jawa Tengah Belum Merata

"Anggaran ini nantinya akan dioptimalkan untuk berbagai kegiatan dalam rangka mengatasi persoalan pemukiman kumuh dan rehab rumah tidak layak huni di Jawa Tengah," tambahnya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

UPDATE STOK Darah PMI Kota Semarang 19 Oktober 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:39 WIB
X