Studi MC Ricklefs Perkuat Usulan Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat

- Rabu, 1 Januari 2020 | 13:17 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Istimewa)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Kabar wafatnya Prof MC Ricklefs, pada Minggu (29/12/2019), menggetarkan hati Lestari Moerdijat. Wakil Ketua MPR yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharma Bakti Lestari (YDBL) itu berduka.

Ricklefs, ahli sejarah Indonesia, asal Australia kelahiran Amerika itu wafat pukul 10.30 waktu Melbourne, Australia, dalam usia 76 tahun (1943 - 2019).

"Kami sangat berduka dan kehilangan karena sumbangan pemikiran dan studi beliau sangat besar bagi bangsa ini," ujar anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem dari dapil II Jateng: Demak, Kudus dan Jepara, ini, di Semarang, Rabu (1/1/2020).

Kajian dan objek utama penelitian Ricklefs adalah mengenai sejarah kerajaan-kerajaan Islam di Jawa dan pengaruhnya pada kerajaan-kerajaan lain di Nusantara. Ricklefs banyak mengungkap aspek pergulatan masyarakat Jawa dalam menghadapi perubahan budaya pada masa 1600 hingga kini akibat masuknya pengaruh kebudayaan Islam dan Barat. 

Karya besarnya  menjadi sumbangsih luar biasa bagi dunia sejarah Indonesia, bahkan buku tulisannya, menjadi rujukan utama berbagai penelitian mengenai perkembangan Islam di Jawa dan Indonesia.

AYO BACA : Presiden Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional pada Enam Tokoh

Lestari mengatakan, almarhum adalah sejarawan kontemporer Australia yang memiliki otoritas dalam sejarah Jawa (dan Indonesia), terutama pada periode 1600-an hingga 1900-an. Pada tahun 2003, Pemerintah Australia memberikan kepadanya Centenary Medal atas pelayanan kepada masyarakat Australia dan humaniora dalam studi Indonesia. Merle Ricklefs juga mendapat Anugerah Kebudayaan Kategori Perorangan Asing 2016 dari Pemerintah RI.

"Dalam kurun waktu setahun terakhir, kami, Yayasan Dharma Bakti Lestari (YDBL) yang berkedudukan di Jepara, tengah menginisiasi kembali usaha agar Ratu Kalinyamat,  tokoh perempuan pemimpin dari Jepara mendapatkan gelar pahlawan nasional dari pemerintah Indonesia. Minimnya data primer yang menjadi rujukan serta kajian akademis yang terbatas menyebabkan beberapa usaha pengajuan  oleh beberapa pihak terdahulu belum berhasil. Tim ahli YDBL sangat terbantu dengan studi yang dilakukan Ricklefs tersebut," ujar mbak Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat.

Oleh sebab itu, sebagai inisiator yang ingin kembali mengajukan permohonan tersebut, tim ahli YDBL melakukan telaah dan kajian akademis dengan sangat cermat, penuh kehati-hatian, agar dokumen pendukung yang disusun dapat memenuhi persyaratan. Dalam konteks inilah nama MC Ricklefs terdengar berulang kali dalam diskusi-diskusi yang dilakukan oleh tim ahli YDBL.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Update Stok Darah Semarang Jumat 17 September 2021

Jumat, 17 September 2021 | 16:30 WIB
X