Sepanjang 2019, Jasa Raharja Jateng Bayar Santunan Bagi 25 Ribu Korban Kecelakaan

- Kamis, 2 Januari 2020 | 11:47 WIB
Kepala Cabang Jasa Raharja Jateng Haryo Pamungkas. (Ayosemarang.com/Arie Widiarto)
Kepala Cabang Jasa Raharja Jateng Haryo Pamungkas. (Ayosemarang.com/Arie Widiarto)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Sepanjang 2019, Kantor Jasa Raharja Jateng telah membayarkan klaim santunan bagi 25 ribu orang korban kecelakaan. Nilai satunan  yang diberikan sebesar Rp498 miliar. Jumlah santunan ini naik sekitar 20% dari tahun sebelumnya.

''Kenaikan ini bukan karena korban kecelakaan bertambah, tetap daya serap masyarakat semakin meningkat seiring adanya kesadaran untuk mengurus santunan Jasa Raharja,'' ungkap Kepala Cabang Jasa Raharja Jateng Haryo Pamungkas usai upacara HUT Ke 59, di kantor Jalan Sultan Agung, Semarang, Kamis (2/1/2020) pagi.

Haryo menyebutkan dari jumlah kecelakaan tersebut sebagian besar atau sekitar 50 persen dialami oleh pengendara sepeda motor.

 ''Mayoritas korban kecelakaan adalah dari kalangan pekerja dan mahasiswa serta didominasi laki-laki,'' jelasnya.

AYO BACA : Jasa Raharja Sosialisasikan Keselamatan Berkendara di Area CFD

Tahun ini, lanjut Haryo, diharapkan jumlah kecelakaan semakin menurun. Maka, berbagai upaya pun dilakukan Jasa Raharja, antara lain dengan melakukan berbagai upaya pencegahan.

''Langkah itu antara lain membuat papan peringatan, mengoperasikan mobil keselamatan lalu lintas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para kru angkutan agar dalam mengendara dalam kondisi fit,'' jelasnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya terus secara aktif memberikan edukasi ke masyarakat terutama anak-anak muda. 

''Kami berkeliling ke kampus-kampus atau event-event yang banyak melibatkan anak muda untuk memberikan edukasi bagaimana aman dalam berkendara,'' ujarnya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Update Stok Darah Semarang Jumat 17 September 2021

Jumat, 17 September 2021 | 16:30 WIB
X