Ganjar Temukan Air Kali Tenggang Berbusa, Diduga Tercemar Limbah

- Kamis, 2 Januari 2020 | 16:14 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat sidak di rumah pompa Kali Tenggang, Kota Semarang, Kamis (2/1/2020). (Ayosemarang.com/Afri Rismoko)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat sidak di rumah pompa Kali Tenggang, Kota Semarang, Kamis (2/1/2020). (Ayosemarang.com/Afri Rismoko)

GENUK, AYOSEMARANG.COM-- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dikejutkan dengan air sungai yang berbusa saat melakukan sidak di rumah pompa Kali Tenggang, Kamis (2/1/2020). Ganjar menduga, ada perusahaan di Kota Semarang yang membuang limbah ke sungai tersebut.

Awalnya, Ganjar melakukan sidak ke rumah-rumah pompa di Kota Semarang untuk memastikan persiapan penanganan bencana banjir. Saat berada di rumah Pompa Kali Tenggang, ia dikejutkan dengan air sungai yang berbusa dan cukup banyak itu.

"Dengan banyaknya busa ini, berarti ada indikasi perusahaan yang membuang limbahnya ke sungai. Sudah pasti ini, indikasinya ada kok," kata Ganjar.

AYO BACA : Studi MC Ricklefs Perkuat Usulan Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat

Pantauan di lokasi, air yang ada di Kali Tenggang memang mengeluarkan busa cukup banyak. Busa air menggumpal dari pompa-pompa air dan mengambang di atas sungai.

Busa berwarna putih itu cukup banyak dan menggunung. Sesekali, gumpalan busa beterbangan saat diterpa angin kencang. Bau yang ditimbulkan juga tidak sedap.

Ganjar pun langsung memerintahkan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin untuk melakukan pengecekan. Ia meminta agar Pemkot Semarang mengumpulkan seluruh perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar sungai untuk memberikan peringatan.

AYO BACA : Banjir Jakarta, Ganjar Siap Kirim Bantuan

"Perusahaan harus dipastikan tidak membuang limbahnya ke sungai. Ini pasti dari limbah, karena indikasinya sudah ada yakni busa-busa ini. Nanti tinggal dicari urutannnya, perusahaan apa saja yang ada di sekitar sungai. Cek satu persatu," tegasnya.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Peluang Siswa SMK jadi Pengusaha Masih Terbuka Lebar

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:26 WIB

Update Stok Darah PMI Semarang, Selasa 26 Oktober 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:46 WIB
X