Kepincut Kartun Sejak SD, Djoko Susilo Raih Adinegoro Dua Kali

- Kamis, 30 Januari 2020 | 22:30 WIB
Kartunis Djoko Susilo. (Ayosemarang.com/Abdul Arif)
Kartunis Djoko Susilo. (Ayosemarang.com/Abdul Arif)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM-- Djoko Susilo tak menyangka, titel Karikaturis Terbaik Anugerah Adinegoro yang pernah ia raih pada 2012 kini kembali padanya. Kartun editorialnya tentang pawai anak-anak gandrung gawai membawanya meraih penghargaan Anugerah Adinegoro 2019. Kabar itu ia terima langsung dari panitia baru-baru ini. 

"Ini kejutan yang luar biasa. Saya nggak menyangka dua kali dapat. Kemenangan ini patut disyukuri dan jadi beban juga. Jelas karya saya diamati orang. Itu beban berat bagi saya," katanya saat berbincang di kantor Ayosemarang.com, Kamis (30/1/2020). 

Djoko mengatakan, ia harus lebih baik lagi dalam menata ide. Membuat kritikan tajam tentang kondisi sosial, tetapi tidak melukai siapapun. Dengan kartun, Djoko bisa mengingatkan siapapun.

Djoko mengirimkan karya satu hari menjelang deadline. Pikirnya, ia kirim karya sebatas berpartisipasi karena sudah pernah menang. Ia hanya berkewajiban meramaikan. "Alhamdulillah kok karya yang sekarang ini terpilih lagi," ujarnya. 

-

Karya yang menang itu menggambarkan anak-anak gandrung pada gawai. Djoko menggambarkan sebuah gawai berjalan diikuti anak-anak. Di sisi lain ada anak membawa bola mau mengajak anak yang mengekori gawai itu. 

"Saya membayangkan begini, bagi saya sangat berbahaya anak-anak kecil rewel masih usia 2 tahun langsung dikasih hp oleh orang tua. Padahal informasi di dalam gadget apa aja ada. Kalau tak difilter bisa bahaya. Itu yang menjadi keprihatinan saya," kata Djoko.

Djoko akan berangkat ke Banjarmasin untuk penyerahan Anugerah Adinegoro dalam puncak Hari Pers Nasional yang bakal digelar pada 6-9 Februari 2020.

Awal Mula Kenal Kartun

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Ajak Warga Tetap Prokes dan Berbagi Nasi Kotak

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Ini Filosofi Santri Versi Gus Basyarrohman

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:45 WIB

Warga Keluhkan Sampah Menumpuk Sepanjang Sungai Aji

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:10 WIB

Berikut Ini Bisa Buat Helm Timbulkan Bau Tak Sedap

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:50 WIB
X