BMKG Prediksi Kemarau 2020 di Jateng Mulai Mei 2020

- Selasa, 31 Maret 2020 | 12:12 WIB
[Ilustrasi] Musim kemarau. (Kavin Faza/ayomedia)
[Ilustrasi] Musim kemarau. (Kavin Faza/ayomedia)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM -- BMKG Stasiun Klimatologi Semarang memprediksi musim kemarau 2020 di wilayah Jawa Tengah umumnya terjadi pada bulan Mei 2020.

AYO BACA : Muncul Video Mesum Diduga Mirip Dirinya, Ini Reaksi Soraya Rasyid

Sementara, untuk puncak musim kemarau 2020, pada umumnya diprakirakan terjadi pada Agustus 2020. Saat memasuki kemarau, mayoritas kabupaten dan kota di Jateng akan diterjang perubahan cuaca yang ekstrem. 

AYO BACA : Antisipasi Covid-19, Warga Tutup Akses Jalan di Kelurahan Mugassari Semarang

"Awal musim kemarau 2020 paling awal terjadi pada bulan April Dasarian III di sebagian besar Kabupaten Demak, Jepara, Kudus dan Wonogiri; sebagian Kabupaten Karanganyar dan Pati; sebagian wilayah selatan Kabupaten Purworejo; sebagian kecil tenggara Kabupaten Kebumen dan sebagian kecil Kabupaten Grobogan," ujar Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I BMKG Kota Semarang, Tuban Wiyoso, Selasa (31/3/2020).

Lalu, musim kemarau 2020 paling akhir terjadi pada Juni Dasarian I di sebagian wilayah Kabupaten Semarang, Cilacap, Banjarnegara dan Wonosobo; Kabupaten Purbalingga, Kebumen dan Kota Salatiga bagian utara; wilayah tenggara Kabupaten Brebes; sebagian kecil wilayah utara Kabupaten Banyumas dan  Purworejo; sebagian wilayah timur Kabupaten Temanggung; sebagian kecil Kabupaten Kendal.

Memasuki musim kemarau, masyarakat dihimbau untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrim saat masa pancaroba. Seperti hujan lebat tiba-tiba dengan intensitas sedang-lebat, dalam durasi pendek yang disertai angin kencang, dan petir.

"Sebab, di saat bersamaan juga muncul masa transisi atau pancaroba. Sehingga kemungkinan nanti muncul hujan lebat secara tiba-tiba. Kadang didahului dengan dengan hujan es dan angin puting beliung," katanya.

AYO BACA : Pakar: Komunikasi yang Baik Jadi Kunci Menghindari KDRT

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

300 Penerima Manfaat di Salatiga Dapat Batuan Beras

Jumat, 24 September 2021 | 19:00 WIB

Alpasis Band, Grup Musik yang Beranggotakan Narapidana

Jumat, 24 September 2021 | 15:37 WIB

UPDATE Stok Darah Semarang, Jumat 24 September 2021

Jumat, 24 September 2021 | 14:18 WIB
X