Belajar di Rumah Bisa jadi Momentum Dekatkan Orang Tua dengan Anak

- Kamis, 16 April 2020 | 15:31 WIB
[Ilustrasi] Orang tua menemani anak belajar. (istimewa)
[Ilustrasi] Orang tua menemani anak belajar. (istimewa)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM-- Peran orang tua sangat penting bagi anak dalam kegiatan belajar di rumah. Mengingat, kebijakan belajar di rumah diambil pemerintah dalam mensikapi situasi pandemi Covid-19 yang terjadi.

Psikolog Keluarga Probowatie Tjondronegoro membenarkan, jika orang tua, memiliki peranan penting dalam menyukseskan kegiatan belajar di rumah. Meskipun tak dipungkiri, hal tersebut membutuhkan tenaga ekstra.

Karena posisinya belajar di rumah, orang tua harus jadi seorang guru di rumah. Tentunya mereka secara dadakan mungkin bisa dibilang harus belajar kembali terkait pelajaran. Belum lagi kalau orang tuanya juga harus menyelesaikan pekerjaan kantor dan rumah. Pastinya ini butuh tenaga ekstra, ujarnya, Kamis (16/4/2020).

AYO BACA : Hasil SNMPTN 2020 Diumumkan, 25 Ribu Calon Mahasiswa Baru akan Terima KIP Kuliah

Ditambahkannya, untuk memotivasi agar anak tidak bosan di dalam rumah, orang tua pun dituntut untuk kreatif dan memiliki sejumlah ide. 

Mungkin bisa mengajak anak memasak bareng, membuat kue, berkebun, mencuci piring bareng, dan sebagainya. Pokoknya anak itu biar nggak bosan itu bagaimana, bisa dengan melakukan kegiatan rumah bersama, tambahnya.

Meskipun repot dan butuh tenaga ekstra, lanjut Probowatie, kondisi belajar di rumah dinilainya mampu memberikan kedekatan antara orang tua dengan anak lebih intens. Di mana hal tersebut merupakan sisi positifnya. 

AYO BACA : Luar Biasa, Mahasiswa Biologi UPGRIS Sulap Kulit Kacang Tanah Jadi Sabun Antiseptik

Walau repot, tapi ada sisi positifnya. Kedekatan anak dengan orang tua bisa terjalin lebih baik. Ini sisi positifnya, lanjutnya.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Peluang Siswa SMK jadi Pengusaha Masih Terbuka Lebar

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:26 WIB

Update Stok Darah PMI Semarang, Selasa 26 Oktober 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:46 WIB
X