Tingginya Penyerapan di Kemensos Dorong Roda Perekonomian

- Selasa, 7 Juli 2020 | 10:38 WIB
Menteri Sosial Juliari Batubara. (dok)
Menteri Sosial Juliari Batubara. (dok)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COMN-- Kementerian Sosial tercatat telah merealisasikan penyerapan anggaran sebesar 62,25% dari pagu anggaran. Menteri Sosial Juliari Peter Batubara mengatakan, realisasi penyerapan anggaran itu menjadi yang tertinggi bila dibandingkan dengan kementerian/lembaga lainnya.

“Patut disyukuri realisasi anggaran Kemensos tertinggi dari semua kementerian dan lembaga. Dari pagu anggaran Rp104,453 triliun sudah direalisasi Rp 65,026 triliun atau 62,25%,” ujar Juliari, Selasa (7/7/2020).

Juliari mengatakan tingginya realisasi penyerapan anggaran sebagai buah dari kerja percepatan dan terobosan yang dilakukan, sehingga mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

“Kami melakukan percepatan untuk semua jenis belanja, baik untuk bansos, modal, dan barang. Percepatan tersebut telah menggerakkan perekonomian masyarakat sesuai dengan arahan dari Presiden,” tutur Juliari.

Sementara Pakar Politik dan Pemerintahan Undip, Teguh Yuwono memuji kinerja Kementerian Sosial yang sudah berusaha membantu suplai kebutuhan masyarakat. Meski menurutnya hal itu tak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, namun hal itu dinilai sudah banyak membantu masyarakat untuk meminimalisir kegiatan di luar.

Jika melihat serapan anggaran, kinerja paling bagus Kemensos. Dibanding dengan kementerian lain yang penyerapan anggaran masih rendah. Namun intinya peran kementerian harus seimbang, antara suplai, penanganan, kontrol, dan pencegahan. Tak bisa kerja sendiri-sendiri, katanya. 

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

UPDATE STOK Darah PMI Kota Semarang 20 Oktober 2021

Rabu, 20 Oktober 2021 | 14:30 WIB
X