Monitoring HTH Dasarian I September 2020, Rembang Masuk Kriteria Ekstrim

- Sabtu, 12 September 2020 | 13:26 WIB
Monitoring HTH Dasarian I Jateng September  2020. (dok)
Monitoring HTH Dasarian I Jateng September 2020. (dok)

SEMARANG BARAT, AYOSEMARANG.COM -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat hasil monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) Dasarian I September 2020.

Pada umumnya Jawa Tengah terjadi 6-10 hari tanpa hujan atau kriteria pendek. Lalu sejumlah wilayah  di Jepara, Wonogiri, Sragen, Pati mengalami masuk kriteria hari tanpa hujan panjang (21-30) hari.

Dalam monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) Dasarian I September  2020. Rembang masuk dalam kriteria hari tanpa hujan ekstrim dengan lebih dari 60 hari tanpa hujan.

AYO BACA : Musim Kemarau, Waspadai Potensi Angin Kencang di Jateng

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Semarang, Iis W Harmoko mengatakan, jika awal musim hujan di Jateng diperkirakan akan masuk di wilayah bagian tengah. Dan secara bertahap akan meluas ke wilayah lainnya.

"Untuk di bulan Oktober , prediksi kami, musim hujan sudah masuk di sejumlah wilayah seperti Kota Salatiga, Magelang dan Surakarta, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Semarang, Magelang, Klaten,  Purworejo dan Kebumen," ujarnya saat dikonfirmasi Ayosemarang.com, Rabu (9/9/2020).

" Lalu sebagian besar wilayah Boyolali dan Sukoharjo, sebagian wilayah Batang, Sragen dan Karanganyar, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal dan Kota Semarang bagian selatan; sebagian wilayah Demak dan Grobogan," Lanjutnya.

AYO BACA : Warga Rowosari Geruduk Balai Desa Tanyakan Tagihan PBB

Sementara itu, awal musim hujan di bulan November diperkirakan akan terjadi di beberapa wilayah seperti, Tegal dan  Pekalongan, Jepara, Pati, Kudus, Rembang dan Blora.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

RSUD Soewondo Kendal Layani Pasien Kejiwaan

Selasa, 30 November 2021 | 19:41 WIB

UPDATE Stok Darah PMI Semarang Selasa 30 November 2021

Selasa, 30 November 2021 | 14:42 WIB

Lirik Lagu dan Kunci Gitar White Christmas

Selasa, 30 November 2021 | 13:41 WIB
X