Cerita Sumiat, Tukang Servis Payung Keliling di Kota Semarang

- Rabu, 30 September 2020 | 14:54 WIB
Sumiat, Tukang servis payung perantau dari Kendal. (Ayosemarang.com/Vedyana)
Sumiat, Tukang servis payung perantau dari Kendal. (Ayosemarang.com/Vedyana)

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM -- Bisingnya kendaraan yang berlalu lalu lalang tak menyurutkan semangat Sumiat untuk menyusuri jalanan Kota Semarang.

Bermodalkan kemampuan memperbaiki payung yang rusak, Sumiat tetap bersabar sembari terus melangkah berharap ada panggilan dari seseorang yang ingin memperbaiki payungnya.

Saya sudah hampir 30 tahun mas keliling jalan kaki reparasi payung. Biasanya pagi sampai badan capek, ujar pria asal Boja, Kendal tersebut kepada Ayosemarang.com saat ditemui di bilangan jalan Menoreh Raya, Rabu (30/9/2020).

Sumiat menerangkan, hari ini dirinya baru mulai merantau dari Kendal untuk berkeliling sebagai tukang servis payung. Sebelumnya, dirinya bekerja sebagai tukang kayu di daerahnya.

AYO BACA : Flora JKT48 Positif Covid-19, Sempat Demam dan Tak Bisa Mencium Bau

Saya jadi tukang servis payung ini berangkat sama teman sekampung mas. Tadi saya berangkat dari kampung sama 5 teman. Ke sini tadi subuh ikut truk sayur turun di Kembangarum. Teman saya turun di tempat berbeda-beda. Sampai siang ini sampai di Menoreh, imbuhnya.

Hingga siang, dirinya mengaku sudah hampir 20 gang yang sudah ia masuki dari pagi tadi. Dan belum ada satu pun payung yang dia perbaiki. Meski demikian dirinya tetap bersabar dan semangat untuk mencari uang dari jasanya mereparasi payung rusak.

Kondisinya memang sepi mas, mau bagaimana lagi. Biasanya itu tukang mayung (reparasi payung) adanya di masa rendeng (musim hujan) bulan Januari, Februari, Maret. Ini kan belum masuk banyak hujan. Ada hujan tapi rintik-rintik, kata bapak dua anak itu.

Sumiat pun mengatakan jika dirinya termasuk nekat untuk berkeliling menawarkan jasa servis payung. Hal tersebut dikarenakan saat ini dirinya membutuhkan uang untuk mencukupi kebutuhan hariannya.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Bawa Chipset Dimensity 1200, Oppo K9 Pro Resmi Rilis

Selasa, 28 September 2021 | 19:20 WIB

Update Stok Darah Semarang, Selasa 28 September 2021

Selasa, 28 September 2021 | 14:20 WIB
X