Kampung Siaga Candi Hebat, Kelurahan Wates Punya Berbagai Program Cegah Covid-19

- Sabtu, 3 Oktober 2020 | 16:26 WIB
Camat Ngaliyan, Agus Priharwanto, resmika Kelurahan wates jadi Kampung Siaga Candi Hebat. (dok)
Camat Ngaliyan, Agus Priharwanto, resmika Kelurahan wates jadi Kampung Siaga Candi Hebat. (dok)

NGALIYAN, AYOSEMARANG.COM -- RW 3 Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Semarang saat ini telah menjadi “Kampung Siaga Candi Hebat”. Peresmian Kampung Siaga Candi Hebat  pun dilakukan Camat Ngaliyan, Agus Priharwanto, pada Rabu (30/9/2020).

Ketua RT 8 RW 3 Keluarahan Wates Kecamatan Ngaliyan Semarang mengatakan, Kampung Siaga Candi Hebat RW 3 memiliki berbagai program. Tak terkecuali peogram pencegahan penyebaran covid-19.

"Lalu ada program penyediaan stok lumbung pangan, dapur umum, rumah isolasi mandiri, urban farming atau pertanian di lahan terbatas, pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pelatihan pemanfaatan teknologi digital di era internet bagi warga dan lain-lain," ujarnya.

Terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) Protokol Kesehatan di kampung tersebut dilakukan secara ketat. Di gerbang masuk kampung dilakukan penyemprotan disinfektan secara otomatis dengan cara memencet tombol.

"Kemudian juga dilakukan pengecekan suhu terhadap setiap pendatang atau pengendara yang hendak masuk perkampungan," imbuhnya.

AYO BACA : Wasdal Covid-19 Mabes TNI AD Blusukan ke Pasar Karangayu

Di area kampung, terdapat pula sejumlah fasilitas tempat cuci tangan. Dan di setiap rumah, warga pun diwajibkan menyediakan area tempat cuci tangan dan sabun sebagai pembiasan untuk melakukan cuci tangan sebelum masuk rumah.

Kampung pun juga memiliki Rumah Isolasi Mandiri  sekaligus untuk menyimpan peralatan kesehatan. Hal tersebut sangat membantu apabila ada warga yang terindikasi Covid-19.

"Kami akan tanggap untuk langsung berkoordinasi dengan pihak kelurahan, kecamatan, maupun puskesmas serta gugus tugas. Ini sebagai salah satu upaya cepat tanggap di RW 3 ini,” terangnya.  

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

UPDATE STOK Darah PMI Kota Semarang 20 Oktober 2021

Rabu, 20 Oktober 2021 | 14:30 WIB
X