Jaga Konservasi Alam, Mapala USM Tanam Bibit Sukun di Area Waduk Jatibarang

- Minggu, 20 Desember 2020 | 12:54 WIB
Wakil Walikota Semarang, Hevearita G Rahayu bersama Rektor USM Semarang, Andy Kridasusila SE MM dan civitas Akademika Mapala USM melakukan  penanaman pohon di Waduk Jatibarang, Minggu (20/12/2020). (dok)
Wakil Walikota Semarang, Hevearita G Rahayu bersama Rektor USM Semarang, Andy Kridasusila SE MM dan civitas Akademika Mapala USM melakukan penanaman pohon di Waduk Jatibarang, Minggu (20/12/2020). (dok)

GUNUNGPATI, AYOSEMARANG.COM- Sebanyak 100 bibit pohon Sukun ditanam di area sekitar Waduk Jatibarang, Minggu (20/12/2020). Kegiatan itu digelar oleh Mapala USM bekerjasama dengan BBWS dan Pemkot Semarang.

Penanaman dilakukan secara simbolis oleh Wakil Walikota Semarang, Hevearita G Rahayu bersama Rektor USM Semarang, Andy Kridasusila SE MM. Ratusan bibit pohon sukun ditanam untuk mencegah longsor dan banjir serta menjaga ekosistem alam.

Ketua Mapala USM, Dwistika Ramadan menerangkan agenda penanaman di Waduk Jatibarang bukan acara pertama kali. Tiga tahun lalu pihaknya juga menanam bibit sirsak.

Untuk bibit Sukun yang kita tanam ada sekitar 100 pohon. Kita akan maintenance selama satu tahun. Biar pertumbuhannya maksimal, ujarnya.

Rektor USM Semarang, Andy Kridasusila SE MM mengatakan, pihaknya terus mengupayakan konservasi alam. Selain itu diharapkan ke depan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya yang ada di sekitar Waduk Jatibarang.

Ia berpesan supaya kegiatan ini tidak jadi acara seremonial. Tetapi harus ada perawatan bibit pohon sampai tumbuh kuat.

Perawatan harus dikoordinasikan dengan pengampu wilayah setempat. Bersinergi bersama, supaya nanti hasilnya maksimal sesuai apa yang diharapkan, imbuhnya.

Wakil Walikota Semarang, Hevearita G Rahayu mengatakan, penanaman bibit pohon memang sudah beberapa kali dilakukan di sekitar Waduk Jatibarang.

Menurutnya penanaman pohon sukun sebagai konservasi alam. Selain itu buah Sukun bisa diolah menjadi bahan pangan.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Update Stok Darah Semarang Jumat 17 September 2021

Jumat, 17 September 2021 | 16:30 WIB
X