Fenomena La Nina Pengaruhi Musim Hujan di Jateng

- Selasa, 26 Januari 2021 | 13:55 WIB
Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Semarang, Iis W Harmoko dalam onferensi pers virtual, Selasa (28/1/2021).
Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Semarang, Iis W Harmoko dalam onferensi pers virtual, Selasa (28/1/2021).

SEMARANG BARAT, AYOSEMARANG.COM -- Stasiun Klimatologi Semarang memperkirakan fenomena La Nina akan mempengaruhi musim hujan khususnya di Jawa Tengah hingga Juni mendatang.

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Semarang, Iis W Harmoko mengatakan, untuk saat ini sebagain wilayah Jawa Tengah masih memasuki puncak musim hujan yang diprediksi hingga Februari 2021 mendatang.

AYO BACA : Fenomena La Nina Diperkirakan Terjadi Januari-Februari 2021

"Prakiraan curah hujan di Bulan Februari, wilayah Jateng masih tergolong sangat tinggi dan tinggi masih didominasi di wilayah jawa Tengah bagian tengah, yakni wilayah pegunungan Slanet dan sekitarnya. Untuk kategori menengah hanya beberapa, seperti di wilayah Pati, Rembang, Blora, sebagian kecil Grobogan dan Wonogiri," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (28/1/2021).

Untuk perkiraan bulan Maret, curah hujan sudah mulai berkurang ketimbang bulan Februari. Akan tetapi curah hujan dengan intensitas tinggi hingga sangat tinggi masih di dominasi wilayah Jateng bagian tengah.

AYO BACA : Ganjar Minta Kontraktor Tol Semarang-Demak Gencar Sosialisasi

"Untuk di bulan April curah hujan intensitas menengah sudah mulai meluas. hampir di seluruh wilayah Jateng. Untuk kategori tinggi hingga sangat tinggi masih akan terjadi di sekitar Gunung Slamet dan sekitarnya," imbuhnya.

Saat dianya kapan awal musim kemarau di Jawa Tengah sendiri, pihaknya mengaku belum melakukanrapaat koordinasi untuk menentukan prakiraan awal musim kemarau 2021.

"Kami belum melakukan rapat koordinasi untuk menentuka prakiraan awal musim kemarau 2021 di Jateng. Tapi apabila melihat peta normal prakiraa musim, awal musim kemarau kemungkinan bulan April," katanya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

UPDATE STOK Darah PMI Kota Semarang 20 Oktober 2021

Rabu, 20 Oktober 2021 | 14:30 WIB
X