Meski Dituntut 3 Bulan Penjara, Kuasa Hukum Mahasiswa Demo Ricuh Omnibus Law Optimistis Bebas

- Kamis, 22 April 2021 | 21:15 WIB
Mahasiswa bersolidaritas menanti di depan PN Kota Semarang menanti rekannya yang disidang. (Istimewa)
Mahasiswa bersolidaritas menanti di depan PN Kota Semarang menanti rekannya yang disidang. (Istimewa)

SEMARANG BARAT, AYOSEMARANG.COM -- Majelis hakim Pengadilan Negeri Semarang kembali menggelar sidang tuntutan terhadap terdakwa kasus demo ricuh menolak Omnibus Law pada Kamis 22 April 2021.

Dalam sidang ini giliran Igo Adri Hernandi, mahasiswa Universitas Diponegoro dan M Akhru Muflikhun, mahasiswa Udinus Semarang.

Sebelumnya pada Selasa lalu dua mahasiswa lain, yakni dua mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang atas nama Izra Rayyan Fawaidz dan Nur Achya Afifudin lebih dulu divonis 3 bulan penjara.

AYO BACA : Cegah Terorisme, Polri Gencarkan Agenda Kontra Radikal

Jaksa penuntut umum Kejari Kota Semarang, Luqman Edi berkesimpulan bahwa terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang tertuang dalam keempat Pasal 216 ayat (1) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Pasal tersebut berisi tentang pelanggaran karena sengaja tidak menuruti perintah aparat. Pada saat demo yang berujung ricuh pada 7 Oktober 2020, terdakwa tidak mengikuti arahan yang diberikan polisi.

“Kami menuntut terdakwa dengan pidana penjara masing-masing 3 bulan,” ujar jaksa Luqman Edi.

Tuntutan pidana tersebut dikurangkan seluruhnya dengan masa tahanan yang telah dijalani para terdakwa. Awalnya, kedua terdakwa sempat menjalani tahanan rutan, tapi kini berstatus sebagai tahanan kota.

Sementara kuasa hukum dari LKBH Listyani W menuturkan jika sudah dituntut 3 bulan penjara namun dia optimistis majelis hakim akan berpendapat lain. Hal itu dia dapati dari keterangan saksi-saksi yang lain.

AYO BACA : Hari Bumi Ganjar Pranowo: Momentum Bangkitkan Kesadaran Menjaga Bumi

“Sewaktu demo, mahasiswa ini tidak mendengar imbauan dari mobil komando. Sebab suaranya kalah dengan orasi yang dilakukan oleh mahasiswa,” terangnya.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Update Stok Darah Semarang Jumat 17 September 2021

Jumat, 17 September 2021 | 16:30 WIB

Sudah Sampai Pembahasan, Jateng Siap Wujudkan Brinda

Kamis, 16 September 2021 | 19:51 WIB

PSISa Salatiga: Lini Serang Masih jadi PR

Kamis, 16 September 2021 | 19:33 WIB
X