Kokolaka, Kampung Produksi Kolang-Kaling yang Geliatnya Sudah Lesu

- Selasa, 27 April 2021 | 16:08 WIB
Aktivitas membuat kolang-kaling di Kampung Kokolaka. (AYOSEMARANG.COM/ Audrian Firhannusa)
Aktivitas membuat kolang-kaling di Kampung Kokolaka. (AYOSEMARANG.COM/ Audrian Firhannusa)

MIJEN, AYOSEMARANG.COM - Di Jatisari, Mijen terdapat sebuah kampung kolang-kaling. Biasanya jika memasuki bulan ramadan kampung ini akan ramai dengan aktivitas warganya yang memproduksi kolang-kaling.

Kampung ini memang sejak tahun 2017 dipermak oleh Pemerintah Kota Semarang menjadi sebuah kampung tematik kolang-kaling atau yang disingkat dengan “Kokolaka”.

Awalnya kampung ini jadi sentra produksi kolang-kaling karena bertahun-tahun yang lalu masih banyak pohon aren, hal itu diungkapkan oleh Rupiase, salah seorang pembuat kolang-kaling. Namun lambat laun, karena banyak yang produksi kolang-kaling, populasi pohon aren menipis.

“Akhirnya kami beli kolang-kaling dalam bentuk jadi di Wonosobo, Temanggung, dan Pekalongan,” ujarnya pada Selasa, 27 April 2021.

AYO BACA : Resep dan Cara Mudah Membuat Ketupat Lebaran

Rupiase juga menambahkan jika dengan memesan kolang-kaling yang sudah jadi membuat pengolahan lebih efisien. Dia tidak masalah jika harganya memang sedikit mahal.

Kolang-kaling yang dibeli itu hadir secara sudah matang. Namun saat tiba di Jatisari, tetap harus direndam dan digepengkan sebelum diedarkan ke pembeli.

Setiap kilogramnya kolang-kaling dihargai sebanyak Rp 10.000. Biasanya pedagang membeli bukan dalam bentuk kiloan lagi, tapi karung.

Bertahun-tahun lalu, jumlah pembuat kolang-kaling di kampung ini cukup banyak meskipun produksinya di saat bulan Ramadan saja. Tetapi lambat laun jumlahnya menipis. Kalau Rupiase bilang barangkali minatnya sudah berkurang.

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Terkini

Update Stok Darah Semarang, Minggu 26 September 2021

Minggu, 26 September 2021 | 13:30 WIB

Bubarkan Kerumunan dan Bagikan Masker di Pelabuhan Kendal

Minggu, 26 September 2021 | 11:55 WIB

Ulama Ikut Berperang Melawan Narkoba Lewat Ganas Annar

Minggu, 26 September 2021 | 11:31 WIB

300 Penerima Manfaat di Salatiga Dapat Batuan Beras

Jumat, 24 September 2021 | 19:00 WIB
X