Pemprov Jateng Buka 11.648 Formasi CPNS, Kuota Terbanyak Dialokasikan untuk Guru dan Tenaga Kesehatan

- Jumat, 9 Juli 2021 | 10:54 WIB
Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Provinsi Jateng Wisnu Zaroh memberikan keterangan pers terkait Pemprov Jateng membuka 11.648 formasi CPNS dan PPPK. Dari semua jumlah itu terdiri yang paling banyak adalah lowongan guru. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Provinsi Jateng Wisnu Zaroh memberikan keterangan pers terkait Pemprov Jateng membuka 11.648 formasi CPNS dan PPPK. Dari semua jumlah itu terdiri yang paling banyak adalah lowongan guru. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANGSELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021. Dalam pendaftaran kali ini, Pemprov Jateng akan membuka ribuan lowongan.

Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Provinsi Jateng Wisnu Zaroh mengungkapkan jika pada tahun ini alokasi yang diberikan kepada pelamar sebanyak 11.648 formasi. Dalam formasi ini terbagi antara CPNS dan PPPK.

“Berdasarkan keputusan Menpan-RB No 832 Tahun 2021 tentang penetapan kebutuhan pegawai ASN kita mendapatkan alokasi sebanyak 11.648 terbagi dari CPNS, PPPK jabatan fungsional dan PPPK guru,” kata Wisnu pada Kamis 8 Juli 2021.

AYO BACA : Pemkot Tegal Buka 470 Formasi CPNS dan PPPK 2021, Berikut Link Pendaftaran

Kemudian Wisnu juga merinci dari semua kuota tersebut, ada 301 lowongan untuk CPNS. Sejumlah angka itu dibagi untuk 289 formasi umum, enam diprioritaskan lulusan cumlaude dan enam untuk disabilitas. Namun di luar itu, disabilitas berhak juga untuk melamar dalam formasi umum.

“Kuota disabilitas dua persen dari formasi yang ada, yaitu enam formasi, tetapi kita menambah lagi untuk formasi umum yang bisa diisi disabilitas sebanyak dua persen itu sekitar enam. Itu bebas entah itu disabilitas tunanetra, tuli atau tuna daksa. Sehingga kita persiapan untuk yang disabilitas sekitar empat persen,” ujarnya.

Kemudian untuk sisanya, lanjut Wisnu ada sebanyak 11.347 lowongan PPPK. Terdiri dari 10.819 lowongan guru, 525 tenaga kesehatan, dan 294 lowongan tenaga teknis.

AYO BACA : Pemkot Semarang Buka Ratusan Lowongan Pegawai Non ASN Bulan Juli, Segera Daftar

Khusus untuk PPPK guru, keseluruhan proses perekrutan dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sementara untuk PPPK non-guru pihaknya membuka lowongan, namun keputusan juga di tangan pemerintah pusat.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Masih ada Rentenir Berkedok Koperasi di Kendal

Minggu, 19 September 2021 | 18:35 WIB

Pembangunan TPQ Plus Masjid Al Qodar Sendangmulyo Dimulai

Minggu, 19 September 2021 | 15:33 WIB

Update Stok Darah Semarang Jumat 17 September 2021

Jumat, 17 September 2021 | 16:30 WIB
X