DMI Kota Semarang Tingkatkan Pemantauan Masjid dan Musala saat PPKM Darurat

- Sabtu, 10 Juli 2021 | 14:17 WIB
DMI Kota Semarang terus memantau masjid dan musala di Kota Semarang saat pelaksanaan PPKM Darurat. (Ayosemarang.com/Kemmy Wijaya)
DMI Kota Semarang terus memantau masjid dan musala di Kota Semarang saat pelaksanaan PPKM Darurat. (Ayosemarang.com/Kemmy Wijaya)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang mendapati sebagian besar masjid dan musala di Kota Semarang sudah mampu menerapkan pelaksanaan PPKM Darurat.

Ketua DMI Kota Semarang, Ahmad Fuad mengatakan, meski sebagian besar masjid dan musala mampu tidak melaksanakan kegiatan sementara, namun masih ada sebagian kecil masjid yang masih menggelar salat berjamaah bersama warga sekitar.

"Dari hasil evaluasi dan laporan para pengurus dewan masjid Semarang, masih ada takmir yang memilih mengadakan salat rawatib di masjid walaupun sudah ada larangan dari pemerintah pusat. Kira-kira 30% lah," ujar Ahmad Fuad, Sabtu 10 Juli 2021.

AYO BACA : Selama PPKM Darurat, Tiga Masjid Besar di Semarang Sepakat Tiadakan Salat Jumat

Achmad menambahkan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak dengan masih adanya masjid atau musala yang belum bisa menerapkan aturan PPKM Darurat. Hal tersebut mengingat kewenangan DMI hanya sebatas memberikan imbauan dan pemantauan.

"Kita gak bisa berbuat apa-apa dengan munculnya pelanggaran ini. Yang bisa kita lakukan ya cuma mengingatkan kepada umat supaya menjaga protokol kesehatannya. Jangan sampai muncul klaster masjid yang merugikan kita semua," imbuhnya.

Menurut Achmad, aturan PPKM yang mengakibatkan berhentinya sementara kegiatan masjid dan musala, kerap berbenturan dengan keyakinan sebagian umat Muslim yang menganggap tidak afdol kalau tidak melaksanakan salat jamaah di masjid.

AYO BACA : Polres Salatiga Gelar Hening Cipta Bersama Doakan Pandemi Berakhir

Dirinya pun meminta kesadaran dari umat Muslim untuk bersama-sama ikut mencegah penularan Covid-19 yang saat ini menjadi fokus Pemerintah lantaran adanya peningkatan kasus positif.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Peluang Siswa SMK jadi Pengusaha Masih Terbuka Lebar

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:26 WIB

Update Stok Darah PMI Semarang, Selasa 26 Oktober 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:46 WIB
X