[SEMARANGAN] Jejak Jalur Daendels di Semarang, Lintasi Tugu Muda hingga Kota Lama

- Rabu, 21 Juli 2021 | 16:15 WIB
Jalan Pemuda, salah satu Jalur Deandels di Kota Semarang (Ayosemarang.com/Afri Rismoko)
Jalan Pemuda, salah satu Jalur Deandels di Kota Semarang (Ayosemarang.com/Afri Rismoko)

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Kawasan Tugu Muda, merupakan salah satu destinasi yang memiliki nilai historis saksi perkembangan Kota Semarang. 

Beberapa bangunan di sekitar Tugu Muda saat ini, seperti Lawang Sewu, Wisma Perdamaian, dan Museum Mandala Bhakti adalah destinasi wisata yang memiliki nilai sejarah.

Sebenarnya, masih ada satu bagian lagi selain bangunan di area tersebut yang punya nilai historis. Yang mana saat ini, bagian sejarah tersebut masih digunakan masyarakat baik dalam maupun luar Kota Semarang. 

Bagian bersejarah tersebut adalah, Jalan Raya Pos atau De Grote Postweg yang dibangun Gubernur Jenderal Belanda, Herman Willem Daendels. Yang lebih populer dengan sebutan "Jalan Daendels".

Ya, Jalan Daendels dibangun dari Anyer sampai Panarukan. Jalan yang membentang di pantai Utara Jawa ini memiliki panjang kurang lebih 1000 kilometer. Dan menurut sejarah yang ada, ternyata jalan ini juga melintas di Kota Semarang. 

Jalur Daendels bisa dijumpai dan diallui hingga saat ini. Rutenya sebagai berikut. Mulai dari arah barat, Jalan Raya Pantura Semarang Kendal - Jalan Siliwangi, Jalan Jendral Sudirman, lalu ke Jalan Mgr Sugiyopranoto.

AYO BACA : [SEMARANGAN] Barbershop Legendaris Yu Me, Masih Layani Korek Kuping dan Cukur Kumis

Dari jalan Mgr Sugiyopranoto, jalur Daendels kemudian menuju Jalan Pemuda sampai kawasan Kota Lama. Kemudian Jalan Raden Patah, Jalan Kaligawe hingga menuju arah Demak.

Salah satu pegiat sejarah Kota Semarang, Joseph Army Sadhyoko menceritakan, awal mula pembuatan jalur Daendels bukanlah untuk kepentingan perekonomian . Melainkan  langkah dari Daendels dalam tujuan mengamankan Hindia Belanda dari pantauan Inggris.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Peluang Siswa SMK jadi Pengusaha Masih Terbuka Lebar

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:26 WIB

Update Stok Darah PMI Semarang, Selasa 26 Oktober 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:46 WIB
X