PPKM Level 4 Diperpanjang, MUI Belum Berikan Izin Ibadah di Masjid

- Selasa, 27 Juli 2021 | 10:24 WIB
[ilustrasi] Jemaah Masjid Ar-Rahman sedang melaksanakan salat. Dalam perpanjangan PPKM Level 4 ini, MUI masih mengimbau jika salat di masjid atau musala ditiadakan terlebih dahulu untuk mencegah kerumunan. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
[ilustrasi] Jemaah Masjid Ar-Rahman sedang melaksanakan salat. Dalam perpanjangan PPKM Level 4 ini, MUI masih mengimbau jika salat di masjid atau musala ditiadakan terlebih dahulu untuk mencegah kerumunan. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANGSELATAN, AYOSEMARANG.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng belum memberikan izin terkait penyelenggaraan ibadah di masjid dan di musala selama perpanjangan PPKM Level 4.

Selama PPKM Level 4 diperpanjang, MUI Jateng minta masyarakat khususnya umat muslim untuk mematuhi peraturan pemerintah. Pasalnya kepatuhan itu cukup penting mengingat sebagian besar kabupaten kota di Jawa Tengah masih kategori level 4 atau masih dalam zona merah.

“Mari kita semua patuhi kebijakan perpanjangan tersebut dengan melaksanakan peraturan secara menyeluruh, mengingat angka Covid-19 hingga kini masih tinggi, Dibutuhkan kesabaran kita semua,” tegas Ketua Umum MUI Jawa Tengah Dr KH Ahmad Darodji MSi didampingi Sekum Drs KH Muhyiddin MAg pada Senin 26 Juli 2021.

Menurut Darodji, dalam perpanjangan PPKM Darurat Jawa Bali, untuk Jawa Tengah sudah terpetakan, dari 35 kabupaten kota, daerah yang masuk level 3 hanya 9 daerah meliputi, Purbalingga, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Magelang, Cilacap, Brebes, Boyolali, Blora, Pemalang dan Grobogan.

AYO BACA : Akidi Tio, Pengusaha Dermawan Asal Aceh Sumbang Rp2 Triliun untuk Penanggulangan Covid-19

Sedangkan 26 daerah yang masih bertengger di Level 4 meliputi, Jepara, Sukoharjo, Rembang, Pati, Kudus, Klaten, Kebumen, Banyumas, Kota Tegal, Surakarta, Kota Semarang, Salatiga, Kota Magelang, Wonosobo, Wonogiri, Temanggung, Kabupaten Tegal, Sragen, Kabupaten Semarang, Purworejo, Kendal, Karanganyar, Demak, Batang, Banjarnegara dan Kota Pekalongan.

Maka, dengan kondisi itu Darodji mengajak umat Islam tetap melaksanakan Tausiyah MUI Jawa Tengah Nomor: 04/DP-P.XIII/T/VII/2021, tertanggal 3 Juli 2021, yang ditandatangani Ketum Dr KH Ahmad Darodji MSi, Sekum Drs KH Muhyiddin MAg serta Ketua Komisi Fatwa Dr KH Fadlolan Musyaffa Lc MA dan Sekretaris Dr KH Ahmad Izzuddin MAg

“Tausiyah tersebut masih berlaku seluruhnya karena masih relevan dengan kebijakan PPKM Darurat Jawa Bali yang diperpanjangan,” katanya.

Ada tujuh butir yang disampaikan dalam tausiyah tersebut. Diantaranya MUI Jateng mengajak umat Islam, khususnya para tokoh agama, takmir masjid dan musala untuk menjadi pelopor dalam setiap upaya mencari jalan keluar menghentikan penyebaran pandemi Covid-19 dengan tetap mentaati protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Peluang Siswa SMK jadi Pengusaha Masih Terbuka Lebar

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:26 WIB

Update Stok Darah PMI Semarang, Selasa 26 Oktober 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:46 WIB
X