Perpanjangan PPKM, KSPI Jateng Dorong Pemerintah Cover Kebutuhan Buruh yang Isoman lewat BPJS

- Selasa, 27 Juli 2021 | 17:33 WIB
Pemerintah diminta cover kebutuhan para buruh yang isoman (pixabay)
Pemerintah diminta cover kebutuhan para buruh yang isoman (pixabay)

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Perpanjangan PPKM sampai 2 Agustus 2021 mendapat respons dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Tengah (Jateng).

Sekretaris KSPI Jateng, Aulia Hakim mengatakan, pemberlakukan PPKM tentu memberikan dampak pada buruh khususnya buruh di industri manufaktur dan fabrikasi.

PPKM ini, Kami menilai bahwa buruh pabrik tidak bisa melakukan WFH atau bekerja dari rumah seperti pekerja kantoran yang bekerja di bidang jasa atau perdagangan. Sementara di pabrik, yang bisa dilakukan adalah kerja bergilir dengan sistem kerja sehari libur sehari kerja, ujarnya dalam keterangan, Selasa 27 Juli 2021.

AYO BACA : Phapros Salurkan Bantuan Sembako bagi Tenaga Medis di Semarang

Aulia menambahkan, KSPI telah melakukan survei 1.000 perusahaan yang menjadi anggota KSPI dari perbagai sektor industri, mulai tekstil, garment, sepatu, percetakan, retail, logistik,tranportasi, sektor capital intensive juga kami survei di sektor padat modal-elektronik, automotif mesin dan komponen, dan lainya.

Survey ini kami lakukan langsung ke anggota lewat pimpinan Serikat pekerja di tingkat perusahaan  pada saat PPKM darurat dan Level 4 di anggota KSPI di Indonesia. Dan rata-rata jawaban yang didapat perusahaan non esensial masih 100% berkerja di perusahaan manufaktur, imbuhnya.

Aulia Hakim mengungkapkan hal ini sangat berisiko kepada buruh, akan lebih banyak korban dan menjadi lebih banyak cluster perusahaan karena masih banyak perusahaan yang memperkerjakan buruhnya 100%.

AYO BACA : Cek Kegiatan Vaksinasi di Kelurahan Pongangan, Ganjar Borong Gilo-gilo

Dalam data yang dihimpun oleh KSPI Jawa Tengah, penyebaran Covid-19 di kalangan buruh terus meningkat hingga melampaui 10%. Tingkat penderita Covid-19 klaster perusahaan di atas 10%. 

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Terkini

Sudah Sampai Pembahasan, Jateng Siap Wujudkan Brinda

Kamis, 16 September 2021 | 19:51 WIB

PSISa Salatiga: Lini Serang Masih jadi PR

Kamis, 16 September 2021 | 19:33 WIB

Covid-19 di Kendal Renggut 16 Ibu Hamil

Kamis, 16 September 2021 | 18:41 WIB

Gandeng Dinkes, Lapas Semarang Gelar Pemeriksaan HIV

Kamis, 16 September 2021 | 15:30 WIB

Update Stok Darah PMI Kota Semarang 16 September 2021

Kamis, 16 September 2021 | 14:25 WIB
X