Stok Vaksin Covid-19 Menipis, Kota Semarang Tutup 10 Sentra Vaksinasi

- Rabu, 28 Juli 2021 | 15:30 WIB
Vaksinasi Kota Semarang yang dilaksanakan di Holy Stadium. Stok vaksin Covid-19 Kota Semarang mulai menipis. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Vaksinasi Kota Semarang yang dilaksanakan di Holy Stadium. Stok vaksin Covid-19 Kota Semarang mulai menipis. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Proses Vaksinasi Covid-19 di Kota Semarang mulai menemui kendala. Stok dosis vaksin Covid-19 Kota Semarang mulai menipis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Muhammad Abdul Hakam mengatakan, akibat penipisan stok vaksin ini Pemkot Semarang harus menutup pelayanan vaksinasi di 10 sentra.

“Kami harus menutup pelayanan vaksinasi yang ada di 3 sentra vaksinasi dan 7 puskesmas,” kata Hakam pada Rabu 28 Juli 2021.

Bahkan, Hakam menambahkan, 16 puskesmas di Kota Semarang hanya bisa membuka layanan vaksinasi dosis kedua. Kondisi ini dialami Kota Semarang karena terhambatnya distribusi vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

AYO BACA : Ingin Lebih Jangkau Masyarakat, Pemkot Semarang akan Gunakan Kelurahan untuk Vaksinasi

"Saat ini ketersediaan vaksin Kota Semarang tinggal 38.050 dosis, yang perkiraannya hanya cukup untuk sekitar dua hari ke depan. Kita masih menunggu distribusi vaksin dari provinsi yang berasal dari pusat, dimana di pusat juga belum 100% ready sesuai sasaran," jelasnya.

Kendati demikian, Hakam membeberkan  bahwa Pemerintah Kota Semarang tetap membuka pendaftaran vaksin secara online. Lalu jadwal vaksinnya akan diberitahu kalau stok dosis vaksin sudah tersedia.

"Akhirnya kami siasati dengan menyiapkan mekanisme pendaftaran secara online, untuk dapat kami jadwalkan sesuai dengan ketersedian vaksin yang ada," tandas dia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr Yulianto Prabowo tak mengelak ketika mendapat kabar vaksin di Kota Semarang macet. Pasalnya provinsi Jateng baru akan mendapat pasokan dosis vaksin lagi pada minggu ini.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Update Stok Darah Semarang Jumat 17 September 2021

Jumat, 17 September 2021 | 16:30 WIB
X