Tanah TPU Jatisari Sukar Dikeruk, Disperkim Butuh Eskavator Baru

- Kamis, 29 Juli 2021 | 17:24 WIB
TPU Jatisari yang biasa digunakan sebagai makam Covid-19 di Kota Semarang. Disperkim meminta bantuan eskavator karena butuh untuk melakukan pengerukan makam. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
TPU Jatisari yang biasa digunakan sebagai makam Covid-19 di Kota Semarang. Disperkim meminta bantuan eskavator karena butuh untuk melakukan pengerukan makam. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

MIJEN, AYOSEMARANG.COM - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jatisari Kecamatan Mijen masih menerima banyak jenazah Covid-19 untuk dimakamkan.

Namun sayangnya, infrastruktur untuk pemakaman mendapat kendala.

Untuk itu Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang meminta dukungan alat berat eskavator dari berbagai pihak swasta.

Alat berat itu digunakan untuk menggali tanah di TPU Jatisari.

AYO BACA : Wujudkan Herd Immunity di Lapas, 13.800 Napi di Jateng Mulai Divaksinasi

“Kami sangat butuh dukungan alat berat untuk proses penggalian tanah. Karena tipikal tanah di TPU Jatisari ini keras berbatu. Sangat sulit untuk dikerjakan manual dengan alat sederhana. Alhamdulillah dalam dua pekan ini kami dapat bantuan satu alat berat dari salah satu pengembang perumahan di Mijen. Kami masih butuh lagi,” jelas Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Disperkim Kota Semarang, Murni Ediati pada Rabu 28 Juli 2021.

Penggalian tanah di TPU Jatisari memang tidak mudah, terlebih melihat letak geografis TPU Jatisari yang sebagian berada di lereng dengan kemiringan 60 derajat. Upaya penggalian makan pun bergantung pada alat berat.

Kita tahu kondisi naiknya kasus pengidap Covid-19 ini sedang tinggi. Dalam sehari kami setidaknya harus menyiapkan 10-20 galian makam,” jelas Pipie, sapaan akrab Murni Ediati.

Permintaan dari Disperkim itu juga disebabkan sejak berdiri pada 2017, kedinasan ini belum punya alat berat sendiri.

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Terkini

Update Stok Darah Senin 20 September 2021

Senin, 20 September 2021 | 15:20 WIB

Masih ada Rentenir Berkedok Koperasi di Kendal

Minggu, 19 September 2021 | 18:35 WIB

Pembangunan TPQ Plus Masjid Al Qodar Sendangmulyo Dimulai

Minggu, 19 September 2021 | 15:33 WIB
X