Keturunan Tasripin Keluhkan Susahnya Rawat Bangunan Tua dan PBB yang Semakin Mahal

- Jumat, 30 Juli 2021 | 09:37 WIB
Muhammad Fachri berdiri di depan rumahnya yang merupakan peninggalan dari Tasripin. Merawat bangunan tua dan cagar budaya menurutnya tidak mudah. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Muhammad Fachri berdiri di depan rumahnya yang merupakan peninggalan dari Tasripin. Merawat bangunan tua dan cagar budaya menurutnya tidak mudah. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Kota Semarang pernah punya konglomerat lokal di era kolonial, namanya adalah Tasripin.

Sebagai salah satu bagian dari sejarah Kota Semarang, Tasripin dari tahun ke tahun selalu jadi perbincangan banyak pihak dan bahkan tak pernah luput dari objek penelitian. Sampai saat ini peninggalan Tasripin juga tidak tersisa banyak.

Muhammad Fachri, salah satu keturunan Tasripin menuturkan jika warisan peninggalannya yang tersebar di Kota Semarang khususnya bangunan, sudah ada yang disewakan, dijual dan dihibahkan.

“Selain bangunan atau rumah, peninggalan lainnya ya wayang dan gamelan,” terangnya saat ditemui oleh Ayosemarang.com pada Senin26 Juli 2021.

Bangunan peninggalan Tasripin memang paling banyak ada di Kampung Kulitan. Tidak heran, sebab semasa hidup, di kampung inilah Tasripin tinggal.

Fachri termasuk salah satu keturunan yang menempati rumah peninggalan Tasripin.

AYO BACA : (SEMARANGAN) Bertamu ke Keturunan Tasripin: Konglomerat Pribumi di Kota Semarang, Rumahnya Punya Pintu Rahasia

Selama tinggal di rumah Tasripin sejak kecil, Fachri mengungkapkan jika bangunannya tidak rapuh sekalipun. Katanya, bangunannya memang disusun dengan kayu jati pilihan terbaik.

Tasripin yang semasa hidupnya kaya raya itu sengaja memilih kayu jati dengan ketebalan 50 sentimeter untuk digunakan sebagai fondasinya,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Update Stok Darah Senin 20 September 2021

Senin, 20 September 2021 | 15:20 WIB

Masih ada Rentenir Berkedok Koperasi di Kendal

Minggu, 19 September 2021 | 18:35 WIB

Pembangunan TPQ Plus Masjid Al Qodar Sendangmulyo Dimulai

Minggu, 19 September 2021 | 15:33 WIB
X