(SEMARANGAN) Memorial NH Dini di Kampung Sekayu Nomor 348

- Senin, 2 Agustus 2021 | 20:36 WIB
Rumah tempat tinggal NH Dini kecil di jalan Sekayu no 348 Semarang (ayosemarang.com/Vedyana Ardyansah)
Rumah tempat tinggal NH Dini kecil di jalan Sekayu no 348 Semarang (ayosemarang.com/Vedyana Ardyansah)

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Memorial tentang Nurhayati Sri Hardini atau yang lebih dikenal dengan NH Dini selalu dikenang Oeti Oetono.

Benar saja, Oeti Oetono merupakan salah satu keponakan NH Dini yang kini menempati rumah kenangan NH Dini kecil di Jl Sekayu Raya no 348, Semarang.

Ayosemarang.com pun berkesempatan berkunjung ke rumah masa kecil sang sastrawati asal Semarang tersebut. Terlihat, bangunan rumah tersebut merupakan konstruksi bangunan kuno.

Kemungkinan usianya lebih dari 100 tahun, Meski demikian, bangunan itu masih terlihat terawat dan terdapat beberapa penambahan di sisi- sisi rumah.

Oeti Oetono mengatakan, untuk halaman depan rumah memang sudah banyak yang berubah. Beberapa pohon yang mana dahulu ada sudah ditebang. Dan saat ini tertinggal satu pohon mangga yang berada di halaman tempat dulu NH Dini kecil menghabiskan waktu bermainnya.

AYO BACA : (SEMARANGAN) Bertamu ke Keturunan Tasripin: Konglomerat Pribumi di Kota Semarang, Rumahnya Punya Pintu Rahasia

"Dahulu di sebelah timur halaman ini ada pohon sawo, jambu mete, dan belimbing. Sekarang sudah nggak ada. Dulu NH Dini kecil sering bermain di halaman ini. Sebelum adanya banyak pembangunan, kelihatannya halaman ini luas banget. Angin berhembus ini masih bisa dirasakan," ujarnya kepada ayosemarang.com, Senin sore, 2 Agustus 2021.

Walaupun kondisi bangunan terlihat dari luar tidak ada perubahan yang berarti, berbeda dengan yang ada di dalam rumah. Kamar NH Dini pun sekarang mengalami perubahan beralih fungsi menjadi dapur. Sedangkan benda-benda peninggalan NH Dini sudah diserahkan kepada anak angkatnya.

"Setelah NH Dini wafat, sesuai dengan surat wasiatnya, semua barang-barangnya diserahkan kepada anak angkatnya. Jadi di sini sudah tidak ada lagi benda-benda milik Almarhumah," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Peluang Siswa SMK jadi Pengusaha Masih Terbuka Lebar

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:26 WIB

Update Stok Darah PMI Semarang, Selasa 26 Oktober 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:46 WIB
X