RSUP Kariadi Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah, Antisipasi Pasien Covid-19 Meninggal saat Isoman

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 13:37 WIB
Peserta Pelatihan Pemulasaraan Jenazah di RSUP Dr Kariadi. Minggu 1 Agustus 2021. Pelatihan ini diadakan semenjak banyak pasien Covid-19 yang meninggal di rumah. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Peserta Pelatihan Pemulasaraan Jenazah di RSUP Dr Kariadi. Minggu 1 Agustus 2021. Pelatihan ini diadakan semenjak banyak pasien Covid-19 yang meninggal di rumah. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Waktu menunjukan pukul 21.00 di ruang jenazah RSUP Dr Kariadi Semarang, Minggu 31 Agustus 2021.

Di ruangan itu ada satu mobil ambulans yang sudah siap mengangkut jenazah yang sudah selesai dimasukan peti. Sementara di dekat ambulans ada beberapa orang yang tampaknya adalah keluarga dari jenazah.

Hari-hari terakhir ini ruang jenazah Kariadi sudah tidak seperti sebulan terakhir. Kini lebih hening dan tenang.

Tidak ada deretan ambulans yang antre untuk mengangkut jasad menuju pemakaman atau sekelompok tenaga kesehatan dan relawan yang bahu-membahu membungkus jenazah dengan waktu yang singkat.

Di antara keheningan itu ada sedikit keriuhan kecil di salah satu sisi ruang jenazah. Di sana ada Dr Uva Utomo yang tampak sedang membantu memakai baju hazmat dan segenap pakaian protokol kesehatan nakes lainnya kepada sekelompok orang.

“Ini kami akan mulai praktek memandikan dan membungkus jenazah,” ujar Uva Utomo.

Ada 5 orang yang dibantu oleh Dr Uva memakai baju hazmat namun tidak semuanya kikuk. Sebagian cukup lancar dan meringankan tugas Dr Uva karena bisa langsung memakai hazmat.

Kelima orang tadi memang bukan nakes yang biasa bekerja di ruang jenazah. Mereka adalah para relawan yang akan diberi pelatihan pemulasaraan jenazah.

Setelah pakaian hazmat terpakai, mereka menuju ke sisi ruangan lain. Di sana sudah ada satu jenazah dan peti. Saat hendak praktek, Dr Uva menutup pintu. Tidak semua orang bisa menyaksikan proses pemulasaraan.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Update Stok Darah Semarang Jumat 17 September 2021

Jumat, 17 September 2021 | 16:30 WIB

Sudah Sampai Pembahasan, Jateng Siap Wujudkan Brinda

Kamis, 16 September 2021 | 19:51 WIB

PSISa Salatiga: Lini Serang Masih jadi PR

Kamis, 16 September 2021 | 19:33 WIB
X