Semarang Sering Hujan Padahal Kemarau, Ternyata Ini Penyebabnya

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 08:30 WIB
Meskipun masih kemarau, belakangan di Kota Semarang sering hujan bahkan sampai banjir. Kondisi ini menurut BMKG karena adanya suhu muka air laut yang tidak normal. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Meskipun masih kemarau, belakangan di Kota Semarang sering hujan bahkan sampai banjir. Kondisi ini menurut BMKG karena adanya suhu muka air laut yang tidak normal. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Beberapa hari terakhir awan mendung selalu menggelayuti. Menjelang sore biasanya muncul hujan di Kota Semarang bahkan dengan intensitas tinggi.

Terakhir hujan di Kota Semarang terjadi, Senin 2 Agustus 2021 lalu, menyebabkan beberapa titik di Kota Semarang banjir.

Menanggapi fenomena ini, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko menyampaikan, jika kondisi ini terjadi karena musim kemarau cenderung basah.

Hal tersebut dipengaruhi oleh anomali suhu muka laut yang lebih hangat.

AYO BACA : Hujan Deras Mengguyur, Banjir Terjadi di Sejumlah Titik Kota Semarang

"Khususnya selatan Pulau Jawa. Anomalinya lebih hangat dibandingkan rata-rata. Sehingga penguapan air tinggi dan pembentukan awan juga masih sering terjadi," ujar Iis saat dihubungi via telepon pada Selasa 3 Agustus 2021.

Alasan itulah yang membuat beberapa daerah untuk saat ini masih sering terjadi hujan.

Keadaan seperti ini sebetulnya memang tidak wajar. Sebab wajarnya suhu muka laut berada di normal cenderung menuju dingin.

"Hal serupa juga terjadi pada musim kemarau tahun kemarin. Namun di tahun ini kemaraunya tidak sebasah seperti yang sebelumnya," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Update Stok Darah Semarang Jumat 17 September 2021

Jumat, 17 September 2021 | 16:30 WIB

Sudah Sampai Pembahasan, Jateng Siap Wujudkan Brinda

Kamis, 16 September 2021 | 19:51 WIB

PSISa Salatiga: Lini Serang Masih jadi PR

Kamis, 16 September 2021 | 19:33 WIB
X