(SEMARANGAN) Setelah Stasiun Samarang Musnah, Alastua Dapat Predikat Stasiun Tertua di Indonesia

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 15:08 WIB
Setelah Stasiun Samarang musnah, kini predikat stasiun tertua di Indonesia adalah pada Stasiun Alastua yang berada di Jalan Bangetayu Wetan. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Setelah Stasiun Samarang musnah, kini predikat stasiun tertua di Indonesia adalah pada Stasiun Alastua yang berada di Jalan Bangetayu Wetan. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANGTIMUR, AYOSEMARANG.COM -- Kota Semarang dan kereta api punya kaitan yang sangat dekat sekali. Sebab kereta api jadi satu penggalan penting dalam kisah sejarah di Kota Atlas ini.

Di Kota Semarang ini kali pertama kereta api di Indonesia hadir. 151 tahun yang lalu, Belanda mulai membangun rel serta stasiun kereta api dan dari sini pula industri kereta api di Indonesia berkembang.

Dalam mengelola kereta api di Kota Semarang Belanda punya perusahaan swasta yang bernama Nederlansh-Indische Spoorweg Matschappij (NIS). Stasiun pertama yang yang dibangun di kota ini disebut dengan Stasiun Samarang NIS.

Stasiun Samarang terletak di Tambaksari, Semarang Utara. Kali pertama stasiun ini dibangun pada 2 Mei 1897. Namun Stasiun Samarang itu kini sudah hancur dan tak berbentuk seperti stasiun lagi.

Peneliti kereta api dari komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) Semarang, Tjahjono Rahardjo menyampaikan jika untuk Stasiun Samarang saat ini hanya dijadikan rumah padat penduduk.

“Sisa-sisa stasiun  mungkin hanya ada di sisa-sisa atap bangunan. Memang nggak banyak yang bisa ditemukan karena kondisinya sudah jadi rumah-rumah warga,” ucapnya.

AYO BACA : (SEMARANGAN) Memorial NH Dini di Kampung Sekayu Nomor 348

Stasiun Samarang terakhir berfungsi pada 2 Agustus 1914 silam. Paca dinonaktif seluruh perlengkapan sarananya dipindahkan ke Stasiun Poncol yang dibangun oleh Pemerintah Kolonial Hindia Belanda.

Tjahjono menambahkan setelah tidak berfungsi dijadikan gudang barang oleh KAI. Tahun 50’an jadi depo bahan bakar kereta.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Update Stok Darah Semarang Jumat 17 September 2021

Jumat, 17 September 2021 | 16:30 WIB
X